Samgyetang , Soup Hangat yang Cocok Disantap Di Musim Semi

By Empie - 23:51



Aku pertama kali ke Korea selain nyobain food streetnya, menu pertama yang aku cobain adalah samgyetang. Samgyetang adalah sop ayam yang dicari dengan ginseng. Uhhhh kaya banget kuahnya dan rasanya diterima banget sampai perut dengan perasaan yang indah sekali hehe.. iya emang dilihat itu dimakan pas cuaca dingin sepoi sepoi khas musim semi. 

Aku sempet cari informasi seputar resep original samgyetang Korea, nah buat yang berminat masak sendiri bisa langsung disimak ya :)

Bahan: 
500g ayam muda utuh, 50g beras ketan, 1 akar ginseng basah segar (tidak terlalu besar), 2 siung bawang putih, 2 jujubes, 1 kastanye, 1 sdm tepung ketan (opt.), 10g daun bawang, sedikit garam dan merica, 2 hingga 3 kacang ginkgo (opt.) 

Kaldu : 
2 liter air, 1 akar vetch, 3 umbi bawang putih utuh, 1 jahe segar (20g), 50g lobak, 30g akar bawang hijau

Cara memasak :
  • Rendam beras ketan dalam air selama lebih dari 3 jam.
  • Cuci dan bersihkan ginseng basah segar dengan sikat lembut atau spons dan potong bagian kepalanya. (Yang terbaik adalah tidak memakan kepala ginseng, karena toksisitas dan sifat panas internal di bagian ginseng ini.)
  • Cuci dan bersihkan bawang putih, jujubes, dan kastanye yang sudah dikupas.
  • Cincang halus daun bawang.
  • Cuci dan bersihkan bahan. Masukkan ke dalam panci berisi air mendidih dan masak dengan api selama sekitar 30 menit.
  • Buang organ dalam dan lemak berlebih dari ayam muda, ambil bagian bawah perutnya. Potong ekor ayam dan ujung sayap lalu cuci bersih. 
  • Isi rongga ayam dengan jujubes, beras ketan, bawang putih, dan chestnut kupas. Silang kaki ayam agar isiannya tetap masuk (Bisa juga mengikat kaki ayam dengan benang masak.)
  • Masukkan ayam dan kaldu ke dalam panci sampai ayam terendam secara keseluruhan. Rebus dengan tutupnya di atas api besar selama sekitar 30 menit. Jika kaldu berkurang, lebih banyak air untuk merendam ayam lagi. Kurangi panas menjadi sedang dan didihkan selama 30 menit lagi. Larutkan tepung ketan, tutup, dan rebus dengan api kecil selama sekitar 10 menit. Matikan api dan disajikan dengan bawang hijau cincang, garam, dan lada hitam. (Tepung ketan digunakan untuk membuat sup putih susu dan kental, jadi kamu bisa melewatkan bahan ini kalau kamu lebih suka sup yang bening.)
Nah, jika punya kesempatan ke Korea dan pengen menikmati langsung di sana kalian bisa mengunjungi restoran samgyetang berikut ini sebagai rekomendasi dari Korea Tourism Organization Indonesia :








  • Share:

You Might Also Like

0 comments