5 Makanan Korea Yang Mirip Dengan Makanan Indonesia

By Empie - 15:09


Suka kulineran makanan Korea? pasti tahu banget dong kalau banyak makanan Korea yang mirip dengan makanan Indonesia. Kalau kata aku sih makanan Korea bersahabat banget sama perut aku kareana emang nggak beda jauh sama menu makanan dari Indonesia. Apalagi makanan di Korea itu selalu ada memakai sayur entah sebagai bahan utama masakan atau makanan pendamping yang biasa disebut Banchan.

Aku mau bahas 5 makanan khas Korea yang mirip dengan makanan Korea, simak ya :)

1. Japchae vs Bihun Goreng




Japchae hampir sama dengan Bihun Goreng. Sama-sama menggunakan bahan dasar mie dan sayuran, visualnya juga hampir sama. Japchae menggunakan bahan dasar mie bening yang terbuat dari tepung ubi khas Korea. Secara harfiah, japchae memiliki arti "sayuran campur" yang berasal dari kata "jap" (dicampur/diaduk) dan "chae" (sayuran). 

2. Dakkochi vs Sate Ayam




Pecinta street food Korea pasti udah asing dengan dakkochi atau Korean chicken skewers. Kalau istilah di Indonesia namanya Sate Ayam. Rasanya hampir sama dengan Sate Ayam. Dakkochi tidak hanya berisi daging ayam tetapi ada sayuran yang ikut ditusuk, seperti daun bawang atau paprika. Cara memasak Dakkochi sebelum dibakar adalah di marinasi dulu ayamnya baru kemudian dibakar. Kalau sate ayam kita biasanya ayam mentah di bakar setengah matang baru diolesi bumbu dan disajikan dengan bumbu kacang atau bumbu kecap.

3. Jajangmyeon vs Mie Yamin




Sensasi rasanya hampir sama dengan manis-manis mienya. Warnanya juga sama-sama kecokalatan. Yang membedakan hanya jenis mie, dimana Jajangmyeon menggunakan mie yang lebih tebal dan saus pasta kedelai yang lebih kental. 

4. Ganjeong vs Jipang




Ganjeong dan Jipang sama-sama dibuat dari bahan utama yakni beras ketan. Bahan baku beras dimasak menjadi berondong. Butiran-butiran ini dicampurkan dengan karamel yang rasanya manis. Sebelum kemudian mengeras diiris sesuai ukuran.

5. Jeungpyeon vs Kue Apem




Jeungpyeon terbuat dari tepung beras dan memiliki rasa manis, mirip dengan kue apem khas Indonesia. Kedua makanan ini memiliki bentuk yang sama. Namun jeungpyeon biasanya disajikan hanya saat musim panas, dan difermentasikan dengan anggur. Sedangkan kue apem bisa kita temukan dengan mudah di pasar atau toko roti basah, dan disajikan dengan parutan kelapa.



  • Share:

You Might Also Like

2 comments