4 Drama Korea yang Diangkat dari Peristiwa Sejarah Nyata di Korea

By Empie - 16:53



Kalau ditanya "pertama kali tahu tentang sejarah Korea dari mana?" jawaban ku adalah dari drama korea. Pokoknya drama korea itu adalah pintu pertama yang bisa bawa kita belajar tentang segala hal yang berhubungan sama Korea.

Nah kali ini aku mau bahas tentang beberapa drama sageuk yang diangkat dari sejarah nyata di Korea.

4 Drama Korea yang Diangkat dari Peristiwa Sejarah Nyata di Korea:

1. Jewel In The Palace


Drama yang diangkat dari kisah nyata seorang perempuan bernama Jang Guem ini menarik banget buat ditonton berkali-kali. Drama yang dirilis pada 15 September 2003 ini menjadi drama yang juga merupakan sebagai pintu Korean wave, karena drama ini sukses besar dan telah disiarkan di 60 negara. Jang Geum adalah dokter wanita pertama dalam sejarah Korea. Selain ceritanya yang menarik untuk ditonton, berbagai budaya tradisional Korea yang disajikan mulai dari makanan hingga obat tradisional yang digunakan pun sangat menarik.


2. Jang Ok Jung, Living by Love


Jang Ok Jung merupakan selir dari Raja Sukjong dan ibunda dari Raja Gyeongjong. Dia adalah permaisuri ketiga Raja Sukjong setelah penggulingan Min Inhyun, meski secara resmi dia dikenal sebagai seorang selir. Namanya tercatat sebagai salah satu wanita yang paling terkenal dalam sejarah Joseon.

Drama Jang Ok Jung, Living by Love diangkat dari kisah nyata pada sejarah Joseon tentang seorang wanita yang haus akan kekuasaan. Drama ini tayang pada tahun 2013 dibintangi oleh Kim Tae Hee, Yoo Ah In, Hong Soo Hyun, Lee Sang yeob dll. 


3. Queen for Seven Days



Queen for Seven Days diangkat dari kisah cinta tragis yang dialami Raja Jinseong di masa Dinasti Joseon. Ketika istri yang dicintainya, Ratu Dangyeong harus turun tahta dalam waktu 7 hari, kemudian diasingkan. Ayah Ratu Dangyeong mengalami konflik dengan Raja Jinseong dan akhirnya dieksekusi. Ratu Dangyeong diasingkan dan tidak boleh menikah lagi, hingga akhirnya meninggal pada usia 71 tahun (tahun 1557).

Drama ini benar-benar menguras air mata. Drama yang tayang pada 2017 ini, dibintangi oleh Yeon Woo Jin, Jang Dong Gun dan Park Min Yong. Aku rekomendasiin banget drama ini buat ditonton. 


4. Empress Ki


Sesuai dengan judulnya, drama ini diangkat dari kisah seorang ratu yang bernama Empress Ki. Empress Ki adalah salah satu dari permaisuri utama dari Toghon Temür dari Dinasti Yuan dan ibu dari Biligtü Khan Ayushiridara. Drama ini menceritakan tentang perjalanan rakyat biasa asal Korea yaitu perempuan Goryeo (dinasti sebelum Joseon) bernama Ki Seung Nyang yang menjadi permaisuri di China. 

Drama yang tayang pada tahun 2013 ini dikabarkan menelan budget yang cukup mahal, dan lokasi syutingnya pun juga sebagai besar dilakukan di China. Drama ini dibintangi oleh Joo Jin Mo, Ji Chang Wook, dan Ha Ji Won.

Sejarah korea dikemas dengan sangat menarik lewat sebuah drama sehingga membuat para penonton nggak mudah bosan :)

Aku pribadi suka banget nontin drama sageuk, selain bisa tahu tentang sejarah korea bisa tahu tentang budaya asli korea pada jaman dahulu. Kalau kalian gimana?

Oia biasanya di drama saeguk ada istilah Dinasti Goryeo dan Dinasti Joseon. Nah aku bahas sedikit tentang dua dinasti ini, ya.

  • Dinasti Goryeo

Dinasti Goryeo didirikan tahun 918 dan sejak tahun 936 menggantikan Silla sebagai kerajaan yang memerintah Semenanjung Korea. Kata Goryeo adalah kependekan dari Goguryeo dan merupakan sebutan bagi orang asing yang merujuk ke Korea. Dinasti ini bertahan sampai tahun 1392.

Pada tahun 1231 bangsa Mongol memulai penyerangan terhadap Goryeo. Setelah peperangan yang melelahkan selama 25 tahun akhirnya Goryeo menandatangani perjanjian damai dengan Kerajaan Mongol. Maka dalam waktu 80 tahun Goryeo berada dalam bayang-bayang kekuasaan bangsa utara itu. Tahun 1392 seorang jenderal bernama Yi Seong Gye, memberontak dan mengakhiri kekuasaan dinasti ini.

  • Dinasti Joseon

Tahun 1392 setelah Goryeo tumbang, Dinasti yang baru mulai didirikan oleh Jenderal Yi Seong Gye, yaitu Dinasti Joseon. Ia menamakan kerajaan ini sebagai Joseon untuk memberikan penghormatan terhadap Gojoseon, yang merupakan kerajaan pertama bangsa Korea. Dinasti Joseon menikmati perkembangan yang sangat pesat dalam bidang ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Contohnya adalah penemuan abjad Hangeul tahun 1443 oleh Raja Sejong. Dinasti Joseon adalah dinasti yang memiliki usia pemerintahan terpanjang di Asia Timur dalam milenium terakhir.



sumber : wikipedia


  • Share:

You Might Also Like

0 comments