Tips Jelajah Korea Tanpa Sewa Modem Wifi

By Empie Dubidu - 14:50



Aku akhir-akhir ini nggak produkstif banget ngeblog karena kebanyakan ngikutin drama on going jadi waktu buat ngeblog tersita dan blog tak terjamah. Mumpung lagi mood update blog, kali ini aku mau cerita tentang pengalaman ku jelajah Korea tanpa sewa wifi dan tanpa beli nomor perdana.

Jadi semua berawal dari setibanya aku di Bandara Incheon terus mau sewa wifi di arrival hall dekat Gate 10. Tahun lalu waktu aku ke Korea kebetulan temen ku yang ke tempat penyewaan dan aku sibuk beli hot pack.

Aku sempet tanya, "sewa wifinya gimana?"
Kata temen ku, "tinggal nunjukin paspor terus nunjukin kartu kredit"

Jadi aku pikir, asal bawa kartu kredit aman lah ya pasti. Nah berhubung aku nggak punya kartu kredit, jadi aku bawa kartu kredit pacar karena aku pikir yang dibutuhin cuma no kartu aja kan ya.

Kalau ditanya "mpie nggak punya kartu kredit?" jawabannya IYA hahaha. Kerja di bank tapi nggak punya kartu kredit :D Bukan gimana-gimana sih, cuma emang nggak niat dan nggak tergiur buat pakai kartu kredit. Kalau butuh sesuatu yang mesti bayar pakai kartu kredit, aku biasanya pakai kartu pacar.

Lanjut bahas wifi ya..

Sesampainya di tempat penyewaan wifi, diminta buat tunjukin paspor dan kartu kredit. Mbaknya bilang pake bahasa korea kalau nama pemegang kartu kredit harus sama kayak nama paspor. Secara kartu pacar ku ada namanya, jadi karena namanya nggak sama dengan nama penyewa (pemilik paspor) makanya nggak bisa. Sedih banget nggak sih, berasa pengen nangis di pelukan Lee Jong Suk rasanya :(


Buat bayar sewa sebenarnya cash, nggak pakai kartu kredit. Terus apa gunanya kartu kredit? Jadi buat jaminan kalau nggak balikin wifinya. Kalau udah dibalikin ya udah, nggak bakal ada tagihan apa-apalagi. Sebenernya bisa order online juga sih, jadi sebelum berangkat order dulu, jadi pas sampai tinggal ambil.

Alternatif lain selain wifi adalah beli perdana baru. Aku rada galau mau beli perdana atau nggak, karena aku pikir tempat penyewaan wifi itu ada banyak, nggak cuma ada di Incheon. Terus kalau cuma 1GB aku pikir sayang, karena kalau sewa wifi bisa unlimited.

Alhasil karena aku yang sok tahu, akhirnya pergi dari Incheon tanpa beli perdana atau sewa wifi karena pas sampai di Incheon dijemput temennya temen ku, jadi aku pikir masih amanlah ya tanpa wifi sampai penginapan.

Temennya temen ku nggak bisa nemenin full 5 hari di Korea, jadi mau nggak mau sesampainya di daerah Myeongdong mutusin beli perdana baru aja karena emang nggak nemu tempat penyewaan wifi tapi ternyata beli perdana baru dengan kuota 1 GB aja harganya hampir 500 ribu.

Jadi kalau beli perdana baru DISARANKAN BANGET beli di Airport aja karena harganya lebih murah dan juga memang harga khusus buat pengunjung. Kalau beli perdana di sevel atau toko-toko lain gitu harganya mahal banget.

Gimana bisa bertahan di Korea tanpa sewa wifi?

Aku sebenernya nyesel karena kenapa nggak beli perdana di bandara tapi mau gimana lagi, udah terlanjur kan? nggak mungkin balik lagi ke Incheon cuma buat beli perdana karena ngabisin waktu banget.

Tahun ini pergi ke Korea bareng temen-temen yang kebetulan belum pernah ke Korea sebelumnya jadi itinerary ku kurang lebih sama kayak tahun sebelumnya. Kalau ditanya "emang nggak sayang ke Korea tempat yang didatengin itu lagi?" hmm gimana ya hahaha.. sebelumnya ke korea pas musim dingin dan tahun ini ke pas musim semi jadi aku pikir dateng ke tempat yang samapun suasananya bakal beda.

Ada beberapa tempat baru yang pengen aku datengin sebenernya tapi skip dan ganti detinasi yang deket aja karena alasannya nggak sewa wifi jadi nggak lucu kalau waktu abis dijalan buat nyasar.

Tips jelajah Korea tanpa sewa wifi.


1. Siapin itinerary lengkap

Aku udah siapin itinerary sebelum berangkat, dan di hotel malamnya mastiin lagi destinasi plus lokasi tempat yang mau didatengin sedetail mungkin. Naik subway line berapa, turun di stasiun mana, exit berapa dan belok kiri kanannya berapa meter. Kalau ada petanya jangan lupa capture juga.

2. Manfaatin free wifi di stasiun atau restoran

Di Korea semua stasiun ada free wifinya, cuma ya gitu rada hilang-hilangan. Jadi pastiin sebelum keluar dari stasiun kamu udah capture arah jalannya. Cari rute yang ditulis di blog-blog aja, jangan pakai google map karena tulisannya hangul semua :D

Kalau kamu ke resto di Korea pasti ada free wifi, jadi manfaatin buat cari-cari hal kalian butuhin selama istirahat sambil makan disana.

3. Bawa teman yang nggak buta arah dan buta peta

Point ini penting banget, karena aku sebelumnya pergi sama temen yang buta arah dan buta peta macem kayak aku. Kita udah catet ini itu tapi tetep aja nyasar hahaha. Tahun ini kebetulan dua temen ku yang pergi bareng sama aku nggak buta arah dan ngerti arah jadi baca peta lancar-lancar aja.

4. Belajar kalimat tanya dalam bahasa korea

Buat yang doyan drama korea pasti nggak asing-asing banget sama bahasa Korea. Di Korea itu jarang banget nemu orang yang bisa bahasa Inggris jadi kalau mau komunikasi ya mau nggak mau pakai bahasa isyarat atau bahasa Korea seadanya. Mereka helpful banget kok. Tanya tempat, tunjukin aja gambarnya atau denahnya. Mereka bakal jelasin tapi ya pakai bahasa Korea hahaha.. pokoknya asal kamu ngerti istilah belok kanan, belok kiri, lurus aja udah cukup kok karena daerah wisata biasanya nggak jauh dari stasiun atau halte.

Semoga sedikit tips ini ngebantu ya, tapi disarankan emang sewa modem wifi sih biar jalan-jalannya lebih aman dan nyaman hehe :)

  • Share:

You Might Also Like

4 comments

  1. Wah mahal banget kuota disana ya mbak? Tapi memang sesuai dengan kualitas jaringannya mungkin ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih sesuai karena lancar banget disana bahkan ditempat pingiran yang kiri kanan gunung heheh

      Hapus
  2. Tau nggak mba, aku baca tulisanmu bener-bener per kata, nggak ada yang aku lewatkan, sanking terhipnotis sama alurnya yang alus dan runut :D

    Niche blog ini emang bahas Korea yaah, jadi nggak heran kalo penulisnya juga pernah ke sana. 2x malah ya mba? Applause!

    Setelah baca tip dari kamu, aku jadi ikut menyimpulkan, jangan" ini bisa dipake buat ke negara lainnya, nggak cuma Korea? Kalo aku punya kesempatan buat ke Korea, bakalan baca ini lagi biar nggak lupa :d

    BTW, ini kali pertama berkunjung ke blogmu, mba. Salam kenal! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih udah mampir, semoga ga bikin bosen tulisannya heheh.. salam kenal juga ^^

      Hapus