Desember 28, 2016

Pengalaman Membuat Visa Korea


Setelah drama paspor online, dilanjutin membuat Visa Korea yang penuh dag dig dug ser karena bertekad buat ngurus sendiri. Pertimbangan urus Visa Korea sendiri adalah karena lebih murah, selain itu apabila menggunakan agent belum tentu ada jaminan Visa diapprove juga padahal harus bayar lebih juga. Di beberapa travel agent buat urus Visa bisa kena 700 ribu - 750 ribu. Padahal kalau urus sendiri cuma 544 ribu. Lagi-lagi mungkin alasanya karena nggak mau ribet kali ya, karna aku juga sempat pengen bikin Visa Korea lewat agent tapi nggak jadi dan mutusin buat bikin Visa Korea sendiri.

Nah aku sempet share di akun sosmed tentang Visa Korea ku dan banyak yang tanya gimana cara bikinnya dan apa aja yang dibutuhkan. Sekarang mau aku bahas nih :)

Dokumen yang perlu disiapkan untuk mengurus Visa Korea aku kemarin itu yaitu :

  • Paspor dan foto copy paspor bagian identitas serta bagian belakang. Apabila paspornya ada beberapa cap dari negara yang pernah dikunjungi sebelumnya juga mesti dilampirkan.
  • Formulir aplikasi Visa Korea yang sudah diisi, bisa di download disini.
  • Kartu Keluarga
  • Surat Keterangan Bekerja dan SIUP perusahaan. 
  • Rekening Koran 3 bulan terakhir dan Surat Referensi Bank
  • SPT PPH-21
  • Slip Gaji
  • Foto ukuran 3,5*4,5 (background putih, ukuran wajah 80%)
  • NPWP
  • KTP

Untuk lebih detailnya, persyaratan pembuatan Visa Korea bisa cek disini


Pelayanan pembuatan Visa Korea dimulai pukul 09.00 - 11.30 dan proses pengambilannya akan dilayani mulai pukul 13.30 - 16.30 dan proses pembuatan Visa Korea minimal 4 hari kerja.

Tanggal 21 Desember 2016 aku ke Kedutaan Korea Selatan, sampai sana sekitar 09.30 dan aku dapet antrian ke 28. Tapi karena aku belum isi aplikasi, aku isi disana jadi mesti ambil antrian lagi dan dapet antrian no. 33. Sampai sana duduk manis, nunggu antrian di ruang tunggu depan dan nggak sampai 30 menit udah giliran ku maju buat kasih dokumen. Prosesnya cepet, karena begitu kita serahin dokumen petugas langsung cek ini itu dan aku dapet bukti tanda terima pembuatan Visa Korea yang berisikan nama, tanggal pembuatan, jenis visa dan estimasi tanggal pengambilan visa.

Buat cek apakah visa kita udah jadi atau belum bisa cek secara online disini.


Aku sempet parno karena cek dibeberapa blog banyak yang bilang kalau dokumen udah lengkap tapi banyak yang ditolak, bahkan ada yang udah punya banyak cap beberapa negara dan nominal tabungan juga banyak tapi nggak lolos, dan slogan "ketentuan approve Visa Korea itu cuma Tuhan dan orang kedutaan yang tahu".

Aku sama temen ku Tina, udah dag dig dug aja karena kalau kata Tina setiap ngecek di web deg-degannya melebihi nungguin hasil sidang! Iya sih, karena kita udah beli tiket pulang-pergi, udah booking housetel juga.

Dua hari berlalu dan aku iseng cek di web ternyata punya udah approved!! Aihhh setelah lega gitu. Paling nggak surat ijin buat menghirup udara yang sama dan berpijak ditanah yang sama dengan para oppa udah ada ditangan. Kenapa belum sepenuhnya lega? Karena punya temen ku ternyata masih dalam proses statusnya.


Tanggal 27 Desember 2016, seperti yang udah dijadwalkan aku balik ke Kedutaan Korea Selatan buat ambil paspor ku yang udah berlabel Visa Korea. Kembali tanya ke temen ku, karena di surat tanda terima harusnya punya temen ku juga udah bisa diambil hari itu. Tapi ternyata belum ada hasil juga. Parno nggak sih? BANGET. Hikkss kita kan nekad mau ngebolang berdua, kalau salah satu nggak lolos berarti mesti jalan sendiri. Amit-amit jangan sampai lah ya!

Aku datang sekitar pukul 14.30, begitu datang aku diminta untuk mengumpulkan surat tanda terima pembuatan visa di keranjang merah yang udah disediakan di loket pojokan. Setelah itu duduk manis menunggu untuk dipanggil. Setelah menunggu kurang lebih 30 menit, aku dipanggil dan visa ditangan.



Tanggal 28 Desember 2016, temen ku kasih kabar kalau barusan dapet telpon dari orang kedutaan buat konfirmasi mengenai visa. Dokumen yang dilampirin kurang lebih sama kayak punya ku, tapi yang nggak ada cuma sliip gaji. Dia nggak lampirin slip gaji karena di web nggak ada ketentuan melampirkan slip gaji. Ternyata yang dihubungi nggak cuma orang yang bersangkutan tapi juga tempat kantor temen ku kerja untuk konfirmasi mengenai gaji dll.Jadi saran ku, biar lebih menyakinkan lampirin juga slip gaji buat yang berniat mau bikin Visa Korea.

Dear semua yang udah mampir ke blog ini, minta bantu doain ya biar Visa temen ku lolos juga! Amin.. khamsahamnida.. saranghae pokoknya!

Lanjut cerita, visa yang aku dapet bisa dipakai untuk jangka waktu 90 hari. Apabila visa di tolak ketentuan saat ini harus menunggu 3 bulan baru boleh mengajukan visa kembali. Biasanya orang tanya, harus punya saldo mengendap berapa supaya bisa lolos Visa Korea? Aku sendiri juga nggak tahu pastinya tapi aku banyak baca rumusnya adalah Rp. 1.500.000,00 dikali dengan berapa lama kita akan tinggal di Korea plus ditambah harga tiket balik.

Ada yang bilang juga kalau jangan sampai ada saldo siluman, alias saldo yang tiba-tiba masuk ke rekening dalam jumlah banyak. Aku sempet takut juga karena mutasi yang aku bawa adalah rekening gaji dan saldonya hampir selalu habis setiap bulannya. Aku emang pisahin rekening gaji dan rekening tabungan. Jadi karena aku berburu tiketnya juga mendadak karena ada promo jadi belum sempet mindahinm saldo tabungan ke rekening gaji. Alhasil di mutasi ku, di bulan ketiga ada saldo masuk yang cukup banyak dan keliatan tiba-tiba.

Pihak kedutaan biasanya mempertanyakan kalau ada saldo masuk dalam jumlah banyak tiba-tiba karena mungkin ditakutkan adalah uang hasil pinjaman atau apalah. Buat mensiasati itu, aku juga lampirin mutasi rekening tabungan ku buat mastiin kalau itu emang duit aku cuma dari rekening yang berbeda. Buat yang masih sekolah atau ibu rumah tangga bisa menggunakan rekening koran orang tua, atau rekening koran suami.

Pokoknya kasih dokumen selengkap mungkin biar aman, dan jangan lupa surat sponsor atau jaminan buat mastiin kamu bakal balik ke Indonesia sesuai jadwal :)

Sekali lagi minta doanya yan temen-temen biar visa temen ku Tina segera approve biar aku bisa berangkat ke Korea bareng dia :)

Buat cerita perjalanan di Korea, bakal di update di blog nanti.. ditunggu ya ^^

UPDATE : Visa temen ku akhirnya approve per tanggal 2 Januari 2017!!
Yeahhhhhhhhhhh.. Korea tunggu aku datanggggggggg :D


7 komentar:

  1. Akhirnya, bisa keturutan juga ya mbak ke Korea buat ketemu Opa ganteng. :D Nice sharing mbak, aku simpen siapa tau bisa aku baca lagi kalau ada kesempatan bisa ke luar negeri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa segera nyusul ya, ketemu oppa disana ^^

      Hapus
  2. Yay...selamat ya..visanya udah ditangan..selamat jalan-jalan...bisa puas makan Samyang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba ^^ makasihhhhh hihih.. Aku ga kuat mkn samyang pedes gilaaa gt :D

      Hapus
  3. Aku kayaknya lewat trvel di Makassar aja mpie. Secara kalo dibela2in ke Jakarta juga kudu beli tiket 1,5jt pp lol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh.. iya biar lebih irit mba, kalau aku kan deket :D

      Hapus
  4. Bakalan mampir sini lagi kalau udah fix mau bikin visa hehe. Nunggu banget moment2 bisa menghirup udara yang sama dengan bias hehe

    BalasHapus