Istilah Dalam Fanmeeting dan Konser Kpop yang Wajib Kamu Tahu

By Empie - 15:17



Buat yang masih baru berkecimpung di dunia per-Koreaan dan Per-Kpopan pasti masih banyak istilah-istilah yang belum ditahu. Bahkan masih ada yang belum bisa membedakan istilah konser, fanmeeting dan fansign.

Yuk bahas satu-satu ya beberapa istilah di acara konser kpop atau fanmeeting artis Korea.


1. Konser

Konser Kpop sama seperti konser musik pada umumnya, dimana para grup idola atau musisi menyanyi dan menampilkan aksi panggung mereka.


2. Fanmeeting

Berbeda dengan konser, inti dari fanmeeting adalah bertemu dengan penggemar, maka para idola akan lebih banyak melakukan percakapan santai, atau memainkan permainan bersama fans. Kegiatan yang dilakukan selama fanmeeting bisa lebih ke fans service dimana penggemar bisa lebih dekat dengan idolanya dan bisa berinteraksi langsung.


3. Fanchant

Nah bedanya konser musik Kpop dengan konser musik lainnya salah satunya adalah fanchant. Setiap konser Kpop pasti ada suara yel-yel fans di sela-sela bernyanyi yang dibawakan. Teriakan yel-yel itu dikenal dengan istilah fanchant. Fanchant itu merupakan nyanyian yang dilakukan oleh para fans pada saat konser sedang berlangsung. Fanchant itu memiliki nada dan alur tersendiri sehingga terdengar pas dengan ritme lagu yang dibawakan pada saat konser. 


4. Lightstick

Lightstick adalah salah satu contoh merchandise Kpop. Berbentuk stik dengan ujung logo grup atau gambar ikonik yang mencerminkan grup. Biasanya lightstick dapat menyala karena disertai lampu dan menjadi salah satu barang wajib yang dibawa Kpopers saat menonton konser.


5. Fan Project

Biasanya saat nonton fanmeeting atau konser Kpop ada banner-banner yang dibagikan oleh fanbse atau diletakan di kursi penonton. Nah dalam banner tersebut biasanya tertulis ucapan terima kasih atau dukunngan untuk sang artis idola. Itu salah satu bentuk fan project. Fan Project ada juga berupa hadiah yang diberikan oleh para fans yang dikumpulkan melalui donasi, atau video project dimana pihak panitia/fanbase membuatkan sebuah video selamat datang dan penyambutan.


6. Send off atau Hi Bye

Setiap acara konser Kpop atau fanmeeting biasanya memberikan beberapa benefit untuk fans tapi itu juga tergantung dari promotor masing-masing ya. Selain bisa menghadiri acara yang akan berlansung para penggemar juga berkesempatan mendapat benefit send off atau hi bye yaitu sesi saat fans berpamitan pada artisnya seusai konser atau fanmeeting. Jadi kalian bisa melihat sang artis lebih dekat dengan berjalan sambil berdadach-dadach.


7. Hi-Touch

Biasanya ini terjadi saat send off atau Hi Bye, sebelum pandemi artis atau idol Korea memberikan fans service berupa hi-touch dimana kalian bisa berpamitan sambil tos atau menggapai tangan mereka secara langsung. 

Aku dulu pernah hi-touch bareng Lee Dong Wook, Park Bogum, Kim Jae Hwan sama Sunghoon (seinget itu, yang lain lupa hahaha)


8. Fansign

Istilah fansign sama seperti arti pada umumnya yaitu sebuah acara dimana penggemar bisa mendapatkan tanda tangan idolanya secara langsung. Biasanya fansign ini diselenggarakan secara offline, sehingga penggemar dan idola bisa saling interaksi dengan puas dan lebih dekat. Bahkan mungkin kesempatan untuk ngobrol langsung.


Nahhhhh, sekarang udah mulai banyak nih acara fanmeeting dan konser Kpop yang menyelipkan benefit fan sign. Saya pribadi sih belum pernah merakan langsung, jadi belum bisa bercerita seperti apa sensasinya. Tapi buat kalian yang punya kesempatan buat bisa fan sign langsung saya saranin buat tampil semaksimal mungkin atau seunik mungkin biar kalian bisa memebrikan kesan mendalam kepada idola kalian. Kalau saat konser aku menyarankan untuk nggak tampil nyleneh, kalau pas fan sign ini aku menyarankan banget kalian nyleneh karena bisa kalian ternotice. Kapan lagi 1:1 sama kesayangan gitu kan?

Biar depan ayang oppa atau dede gemes kulit ga kusam, bisa coba nih pakai body serum dan body lotion dari Scarlett. Aku pakai varian terbaru dari Scarlett yaitu body serum dan body lotion Jolly. Yang penting banget wanginya enak. 


 




Kalian bisa beli produk Scarlett di sini ya : https://linktr.ee/scarlett_whitening dan buat mastiin keaslian dari produk Scarlett yang kalian beli, kalian bisa cek di sini : https://verify.scarlettwhitening.com

Oia penting nih buat kalian tahu, kalau SONG JOONG KI oppa aja bilang sendiri di acara fanmeeting Scarlett kalau lotion ini wanginya enak. Bukan cuma sebagai brand ambasador, Song Joong Ki oppa juga pakai produk dari Scarlett dan nyobain langsung produknya. Bangga ga tuh, brand lokal dipuji Song Joong Ki 😍

 

Sekarang udah nggak asing lagi kan sama istilah-istilah fanmeeting dan konser Kpop? Jadi mau nonton konser atau fanmeeting siapa nih selanjutnya? :)


  • Share:

You Might Also Like

0 comments