Februari 20, 2017

Empie in Korea: Annyeonghaseyo Korea


Akhirnya setelah bertahun-tahun masukin "Korea Selatan" di wishlist, tahun ini kesampaian juga buat berangkat kesana. Menginjakan kaki di tanah kelahiran para oppa dan dede gemesh. Kalau kalimat anak sekarang ngehirup udara di tempat yang sama :D

Sebelum akhirnya berangkat ada dua drama yang mesti aku jalanin, yaitu drama paspor online dan drama visa Korea yang sempet bikin stres juga. Apalagi nungguin kabar visa, bikin rada menguras emosi karena ngeri nggak approve. Tapi akhirnya semua dilancarkan.

Oppa.. I'm coming ๐Ÿ˜—


Berangkat ke Korea Selatan dengan Garuda Indonesia penerbangan GA 878. Aku berangkat tanggal 9 Februari 2017 dan penerbangan jam 23.35 WIB. Perjalanan ditempuh selama 6 jam 55 menit dan tiba di Korea pukul 09.30 KST. Perbedaan waktu Jakarta - Seoul adalah 2 jam, jadi disana lebih cepet 2 jam.


Tiba di Incheon langsung kebagian imigrasi buat ngasih form arrival yang udah diisi, form arrival dikasih di pesawat dan isinya tentang data diri, no paspor, tempat tinggal selama di Korea, terus tujuan kedatangan. Setelah itu baru masuk dan lanjut buat ambil bagasi. Dari terminal kedatangan ketempat ambil bagasi mesti naik kereta dulu karena saking gedenya itu airport.

Aku jalan bareng sama Tina dari Jakarta, dan di bandara kenalan sama abang adek Farhan dan Shella. Mereka berdua ngetrip tanpa travel dan guide juga, #siblinggoals banget ngetrip berdua gitu. Akhirnya kita putusin buat ngetrip bareng deh.


Nah, kelar ambil bagasi kita turun kebawah buat beli perlengkapan sebelum jelajah Korea, yaitu T-Money, hot pack dan sewa wifi. Di Korea emang banyak open wifi tapi kita mutusin buat tetep sewa karena kita nggak tahu dimana aja ada wifinya, takutnya sewaktu-waktu butuh nggak bisa ngapa-ngapain.

T-Money

T-Money di Korea sama lah ya kayak di Indonesia, buat yang biasa naik kereta pasti tahu. Tinggal diisi ulang, terus dipakai. Kartu elektronik, sebagai media pembayaran pengganti uang cash. Di Korea T-money bisa dipakai buat berbagai transaksi, nggak cuma buat naik subway tapi juga bisa sebagai alat pembayaran lainnya. T-money bisa juga dibeli di Sevel dan mini market, jadi nggak susah belinya. Aku beli T-money di lantai 1 bandara Incheon sebelum pintu keluar menuju AREX. Awalnya mau beli yang edisi turis yang bisa kasih banyak diskon apabila dipakai ke tempat wisata tapi ternyata kosong jadi beli yang T-money biasa edisi LINE. Harga T-Money Card 2500 Won, kalau dengan harga rupiah saat aku kesana per 1 KRW = Rp 11.57,00 jadi sekitar Rp 28.925,00. T-money yang dibeli itu belum ada isinya ya, kalau mau dipakai harus di top up dulu. Kalian bisa langsung top up disana juga nggak perlu ke mesin. Aku kemarin top up 20.000 KRW buat 5 hari di Korea.




Sewa Wifi di Incheon

Di Korea dijual no perdana untuk koneksi, tapi harganya mahal bingits. Kalau perginya kesana rame-rame disarankan sewa wifi portable aja di bandara Incheon. Sewa wifi untuk 5 hari Rp. 400.000, unlimited kuotanya. Tempat sewa wifi portable di bandara Incheon ada di lantai 1 juga. Bisa langsung dibawa dan tinggal dibalikin pas pulang. Di Korea emang banyak spot free wifi, tapi daripada nanti galau disana dan hilang arah tujuan heheh mending prepare aja wifinya.

Hot pack



Buat yang nggak tahan dingin kayak aku, sepertinya mesti prepare hot pack karena begitu keluar bandara bakal disambut suhu yang dingin banget saat musim dingin belum lagi kalau ada angin. Bbbbbbbbbbrrrrrrrrrrrrr.. siap-siap kaget karena perubahan suhu. Kemarin waktu aku disana datang disambut suhu minus 7. Bayangin aja, di Jakarta biasa dengan suhu 30 derajat Celcius tiba-tiba ketemu suhu minus. Kaki langsung kaku gitu, karena dinginnya langsung ke tulang dan hidung meler seketika tanpa sadar. Tubuh langsung bereaksi dengan caranya masing-masing buat menyesuaikan diri. Hot Pack bisa dibeli dimana-mana juga, aku beli di tempat aku beli T-money sekalian. Harga hot pack juga beragam. Mulai dari 900 KRW - 1500 KRW tergantung bentuk, daya tahan, dan suhunya.

Sebelum aku panjang lebar cerita tentang perjalanan ku di Korea, aku mau bahas juga nih persiapan apa saja yang dibutuhin sebelum liburan ke Korea saat musim dingin.

Perlengkapan yang mesti disiapin saat liburan musim dingin ke Korea:

1. Jaket Winter / Coat
2. Baju lengan panjang / sweater, celana panjang / long john
3. Tutup kuping & Kupluk
4. Sepatu tertutup / sepatu boot
5. Obat-obatan pribadi
6. Kaos kaki
7. Scarf
8. Sarung tangan
9. Lip cream
10. Body lotion
11. Tissu basah
12. Alat tulis

Aku note banget dari list diatas tuh tissu basah karena di Korea toiletnya nggak ada yang buat bilas.
Disetiap toilet umum nggak ada buat bilaas pokonya, jadi mesti prepare tissu basah kalau kemana-mana daripada kebingungan buat bilas :P

Lip cream dam body lotion juga jangan sampai lupa karena cuaca dingin disana bikin kulit kering banget. Kaki ku aja berasa jadi pecah-pacah gitu kulitnya. Pulang dari Korea kulit sekitar hidung ku juga pada ngelupas.

Terus hot pack disaranin pakai yang buat tangan aja, buat yang punya kulit sensitif jangan pake yang tempel karena aku pulang dari sana kulit iritasi gatel gitu. Belum lagi karena pakai dipundak dua hari berturut-turut dari pagi sampai malam, alhasil kulit ku melepuh T.T
Dipakai enak karena disana dingin banget tapi nggak sadar kulit jafi melepuh. Hiks..
Lebih aman bawa stok salonpas pokoknya.

Di Korea bakal sering naik turun subway, jadi kalau mau backpaker-an kesana nggak usah bawa banyak baju. Aku kesana cuma satu koper sedang, plus tas gendong aja. Jadi kalau lihat foto ku nanti kok berasa nggak ganti-ganti baju, yang nggak ganti cuma jaket winternya aja karena aku cuma bawa dua biji, itupun yang satu nggak tebel jadi aku pakai cuma sebentar. Lebih sering pakai yang satunya lagi. Disana musim dingin jadi nggak bakal bau ketek :D

Baju juga awet nggak bau jadi jaket aku nggak  bawa banyak-banyak. Selain itu untuk kaos/kemeja masih bisa dicuci di guest house atau hotel. Irit baju kotor lah ya. Daripada ribet bawa koper yang gede-gede, dan ujung-ujungnya bikin repot jadi mending bawa seperlunya aja.

Atau kalau kamu juga bisa beli di Korea aja karena LEBIH MURAH! dijamin pokoknya. Mulai dari jaket winter, coat, sarung tangan, terus scarf juga. Pokoknya harga disana lebih murah dari harga di Indonesia. Ibarat kata disana 250an ribu udah bisa dapet jaket winter baru, disini mana dapet? iya kan? heheh..



Nah, itu sedikit cerita Empie menyapa Korea. Buat cerita lebih lanjut bakal aku post diartikel selanjutnya :)




26 komentar:

  1. Duh,Tmoney edisi line nya lucuuu kak. pgennnnnn

    BalasHapus
  2. informasinya membantu banget untuk yg pengen ke korea

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kl berguna infonya :)

      Hapus
  3. wahhh.. jadipengen ke sana.. semoga kesampaian..haha

    BalasHapus
  4. Tfs ya eonni, someday pengen banget deh kesana semoga bisa hihi aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.. Hwaiting. Smg cpt bs kesana juga ;)

      Hapus
  5. Haiyaaaaa. Dream come true❤❤❤❤
    Lagi dingin banget ya kesana mukanya merah gitu๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mia, lg dingin bgt disana makanya mpe melee gitu huhuhu tp senenggggg :D

      Hapus
  6. Yey akhirnya blognya jadi... senyum2 sendiri baca ini, serasa nostalgia sama trip kemarin.. daaan akhirnya percaya ya kalo dia abangku #siblinggoals :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Shel, aku td nya msh ga nyangka kalian abang adek :D keceee lah pokoknya

      Hapus
  7. Aku juga pengen ke sana huhu. Semoga suatu saat bisa ke sana!! Nabung.. Nabung ahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangattttt nok.. Hihih Amin. Semoga tabungan cpt ngumpul :)

      Hapus
  8. wahh seru banget ya kak mau ke korea..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya seru banget disana.. Ga ke pengen pulang ^^

      Hapus
  9. VI jaket winter di gedebage lebih murah mphie haha, dasar saya emak - emak ga mau rugi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah telat inpoh nih.. Hihih tp emang aku niat ga bawa byk biar ga berat kopernya :D

      Hapus
  10. Hi sis, mau tny, itu wifi ny perlu booking dlo dr indo atau bs pesen lgsg di tempat ya? Ke jeju ke cover ga ? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga perlu pesen kok, bisa langsung sewa di bandara sist. Cuma kl coveragenya kurang tau deh. Kayaknya sih bisa aja.

      Hapus
    2. Wahh thx bgt ya info ny, berguna bgt, aq lg galau soal wifi jg soal ny hehehehe bln 4 mo brngkat soal ny, makasi. Jbu

      Hapus
    3. Hwaiting ^^ semoga semua lancar ya hehehe.. met liburan.

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Jadi mau kesana kak. Berapa hari di Koreanya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disana 5 hari heheh, dan itupun maish berasa kurang banget :(

      Hapus
  13. T-Moneyku ilang 1 nih... yg punya suami... pdhl kita msh ada rencana balik lg kesana.. trpaksa beli lagi kalo balik ntr... sbnrnya ini t money ada yg lbh murah ya kartu perdananya? kmrn aku bli di incheon dibilang hrgnya krw 50rb.. tp udah keisi 46rb kalo ga salah... jd 5 hr di sana kita ga isi2 lagi sampe pulang.. tapi kalo ada yg hrg perdana lbh murah, ya aku mending beli itu :D

    BalasHapus