September 14, 2015

Kimchi Jjigae ala empie


Masak-masak lagiiiiii ^^
Ceritanya tiba-tiba ketemu sama kimchi di Superindo. Ga tau kenapa tiba-tiba kayak ada magnetnya gitu, dan minta banget di bawa ke kasir :D

Biasanya aku kalau beli kimchi itu dari restoran korea. Kadang stok di kulkas belinya delivery, atau kadang pas lagi makan di restoran korea terus beli buat di bawa pulang. Nah, kemarin baru pertama kalinya nemu kimchi yang udah di packing siap makan di dalam kemasan gitu. Harganya juga ga terlalu mahal sekitar 20ribuan deh, aku lupa harga pastinya soalnya struknya nyampur sama belanjaan yang lain.

Di kulkas kebetulan masih ada kepiting yang di bawain sama pacar, dan tiba-tiba lagi terinspirasi buat bikin kimchi jjigae pakai kepiting. Aduhhhhh tadinya ngebayangin aja udah ngiler beneran :D

Oia sebelum masak kenalan sama kimchi yang mau aku pakai buat masak dulu ya. Merknya Emmason Ma'at Kimchi. Kimchi kemasan buatan Indonesia, jadi wajar lah ya harganya ga terlalu mahal. Soalnya kalau yang produk korea asli harganya rada mahal. Dari segi rasa, kalau di banding dengan kimchi dari beberapa restoran korea yang pernah aku datengin, rasa kimchi merk Emmason Ma'at Kimchi ini lebih asam. Aromanya ga terlalu pekat. Mungkin karena buatan Indonesia kali ya, jadi rasanya pun menyesuaikan.



Ngomongin kimchi aku jadi inget Yongseo couple waktu di We Got Married mereka bikin kimchi bareng, dan rasanya keasinan heheh. Pengen sekali-kali cobain bikin kimchi sendiri deh, tapi kayaknya bakal gagal hasilnya. Jadi mending aku beli yang udah jadi aja, lebih aman :D


Mari masak :)

Kimchi Jjigae kalau di Korea termasuk kategori menu rumahan yang biasa di masak di rumah dan disajikan dalam mangkok makan ttukbaegi. Itu lho yang bentuknya bulet, item, terus ada tutupnya dan terbuat dari keramik/tanah liat. Sebagai menu pendamping jangan lupa side dishnya atau biasanya di sebut banchan. Kimchi jjigae biasanya terbuat dari kimchi dan di masak dengan bahan protein lainnya seperti tahu, daging, atau seafood. Berhubung di kulkas ada kepiting, dan kepiting yang aku jadiin bahan percobaan :D



Resep Kimchi Jjigae ala empie :
1. Bawang putih (ada bawang bombay lebih bagus)
2. Bawang merah
3. Gochujang
4. Kimchi
5. Bon Cabe
6. Cabe rawit
7. Daun Bawang
8. Kepiting

Cara masak kimchi jjigae :
1. Tumis bumbunya terlebih dahulu, masukin bawang putih, bawang putih dan cabai. Sebenernya kalau di korea sana ga pakai bawang merah, tapi karena lidah ku kurang sreg kalau ga ada bawang merah jadi aku masukin juga.

2. Kalau bumbu udah mulai wangi, masukin kimchinya + kuah kimchinya. Kimchi tumis terlebih dahulu sebelum di beri air, karena kalau menurut aku buat ngilangin pekat aromanya dan rasanya lebih enak kalau kimchinya di tumis juga sebentar. Kira-kira udan mulai wangi, masukin air.

3. Catatan lagi, kalau misal pakai daging bisa ditumis dulu sebelum diberi air biar lebih mateng. Tapi kalau pakai tahu, masukin tahunya setelah air mendidih supaya tahunya ga ancur. Aku pakai kepiting yang udah dibumbuin sebelumnnya, jadi tinggal di masukin setelah tumisan di beri air.

4. Masukin gochujang sesendok makan, karena kurang pedes aku tambahani bon cabe juga. Jangan lupa garam, sedikit gula, dan sedikit MSG.

5. Terakhir masukin daun bawang sebelum di angkat.

Jal moke get sum nida :D







4 komentar:

  1. biasa kalau nonton variety show suka keluar nih kimchi. tapi, yang pernah gue coba itu... duk bo ki dan bimbim bap atau apalah itu.
    tapi, oke juga resepnya... boleh la dicatat

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh iya ngehits bgt ^^ boleh d cobain lho kalau ke resto korea pesennya kimchi jigae. Enak kok :)

      Hapus
  2. saya sudah beli tuh kimchi kemasan dengan merk yg sama, saya buka trus saya masukin di kulkas. itu bisa langsung dimakan gak? apa perlu didiamkan lagi? tapi kok baunya agk gk enak ya?

    BalasHapus
  3. kok kimci rasanya asem sama ada pahit dikit...gk ada rasa asinnya.. apa beda kimchi korea sama disini?

    BalasHapus