Juli 05, 2015

Bereksperimen dengan gochujang : Maeundakbal dan Bibimbab

Seelumnya udah bikin bento panda ala empie dan sekarang bikin masakan ala-ala Korea gitu ceritanya ^^
Penasaran sama yang namanya gochujang, sambal khas dari Korea yang terkenal banget itu dan akhirnya  beli gochujang plus kimchi juga.
Gara-gara nonton babang Taecyeon di 3 Meals A Day yang masak-masakan terus, dan faktor yang bikin aku tambah penasaran bikin karena mba utie pamer hasil masakannya "spicy ceker" hahah di Korea namanya maeundakbal. 

Di drama korea biasanya maeundakbal ini nongol di kedai warung pinggir jalan kalau ga ada di pasar tradisional. Ada yang ngejual udah tanpa tulang, ada juga yang ngejual masih dengan tulangnya. Ga semua orang di Korea doyan "spicy ceker" ini lho :D

Inget dulu Yoona SNSD, waktu di Family Outing bareng Taecyeon pas ulang tahun Yoona dipaksa makan ceker ayam ini. Awalnya makan sambil teriak-teriak tapi ditelen juga akhirnya :D

Kemarin nonton High Society ada Ji Yi sama Chang Soo yang lagi nge-soju sambil makan maeundakbal juga. Duhhh bikin pengen kan jadinya.



Pertama beli gochujang langsung maen colek gochujang terus di rasain, hmmm rasanya beda ya dari saos gochujang yang di resto. Apa karena kalau di resto korea yg di Indonesia udah di olah lagi ya gochujangnya??

Eksprerimen pojok dapur empie kali ini mau bikin maeundakbal sama bibimbab. Simple kok, intinya mah yang penting rasa pedes aja gitu :D

Kita bikin maeundakbal dulu ya.

Resep maeundakbal ala empie ^^
1. ceker ayam (1/4 kg)
2. gochujang
3. bawang putih
4. bawang merah
5. daun bawang
6. merica bubuk (pengganti bubuk cabe)
7. cabe merah
8. gula pasir
9. minyak goreng (harusnya minyak wijen)
10. garam

Cara masak :

1. Berhubung aku rada ga suka kalau tekstur ceker ayamnya rada lembek, jadi aku rebus dulu setengah mateng biar rasanya rada kenyal.
2. Tumis bumbu-bumbunya, masukin potongan bawang putih, bawang merah, garam dan cabe yang udah dihalusin.
3. Udah bau wangi lanjut masukin gochujangnya + gula pasir secukupnya.
4. Masukin ceker ayamnya deh, kasih sedikit air biar ga gosok dipenggorengan dan tambahin merica bubuk (sedikit aja sesuai selera)
5. Masak dengan api sedang sampai air kering dan bumbu meresap :)
6. Siap disajikan dengan tabur irisian daun bawang diatasnya. Kalau ada wijen lebih bagus lagi buat taburan atau bisa juga ditabur bawang goreng.
*tetep ya.. orang Indonesia kalau masak apa aja taburan paling pas bawang goreng :D

Waktu masak kemarin gochujangnya kurang banyak aku masukin jadi warnanya kurang cantik, kurang merah gitu huhuhuh.. tapi layak dimakan kok, enduesssssss ^^

maeundakbal "korean spicy chicken feet"
Buat nemenin maeundakbal nya aku bikin bibimbab ala-ala deh :D
kalau bibimbab kan simple ya tinggal tumis setangah mateng atau rebus setengah mateng sayuran tambahin telur ceplok sama gochujang. Jadi deh ^^
Bisa juga pakai ayam, daging sap atau octopus yang di bumbu pedas untuk pengganti telurnya.
Buat pelengkap pakai side dish nya kimchi. Lengkap sudah! jal moke get sumnida



8 komentar:

  1. Tambah jago deh :)
    Btw gochujang sama cabe pedesan mana, sih? Ada yang bilang kalo gochujang nggak sepedes sambel kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba.. ga pedes kok, kalau yg kemasan ini ga pedes, kalau dibuat masak biasanya mereka tambahin bubuk cabe gitu heheh :D

      Hapus
    2. @Della : Kaga pedeeeesss, sumpah! Biarpun warnanya merah membara..Makanya di resep Maeundakbal gue mah pake rawit lagi.. *yang banyak* :D

      Hapus
  2. aku ngilerrrrr empie tanggung jawaabbbb

    BalasHapus
    Balasan
    1. winda juga sering bikin ngilerrrr akohhhh >,<

      Hapus
  3. Yeaaay akhirnya Empie bikin maeundakbal...Sukses kan? Gampang yah :D Mpie lebih suka pake bawang merah ya? Kalo aku bawang bombay, krn manis. :)
    Btw, makannya enak tuh dipinggir jalan, sambil ditemenin Khunnie..Asal jangan sambil minum soju aja yah :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bawang bombaynya ga ada mba utie >,<
      stok abisssss hihih ^^
      Duhhhh mari ngekhayal makan ceker sm khunnie :D

      Hapus
  4. kalau aku sih paling penasaran sama bibimbab kak, banyak sayuran dan kayaknya enak, apalagi nasinya itu lho di masak dengan air santan, ya ampun bikin ngiler..

    BalasHapus