Juni 03, 2015

Peralatan Makan Khas Drama Korea

cr kaskus.co.id
Masih tentang negeri ginseng ya ^^ hihihi..
Hari ini ceritanya aku mau googling resep menu Korea apa yang bisa di coba dengan bahan gochujang, karena emang masih punya stok gochujang.

Googlingnya resep ya tapi tiba-tiba jadi gatel juga buat googling peralatan makannya :D
Harap maklum lah ya, namanya juga cewek. Yang dicari apa, eh yang akhirnya dipengen apa hahah..
Dulu sebelumnya aku pernah punya sumpit oleh-oleh dari Korea, tapi udah aku jadiin hadiah giveaway. Nah sekarang ceritanya pengen gitu.
*problem cewek banget


Artikel sebelumnya aku udah cerita tentang kisah pertemuanku dengan sang panci kuning yang selalu eksis di drama korea, dan sekarang gantian mau bahas temen-temennya sang panci kuning. Kalau mau beli harga sang panci kuning ini kurang lebih sekitar 100ribuan.


Teman sang panci kuning yang pertama adalah sang mangkok stainless steel.
Kalau di drama korea sering lihat ga ada adegan dimana makanan di masukin dalam mangkok yang ada tutupnya di kocok-kocok. Rata-rata orang Korea suka makan dengan cara di campur seperti contohnya bibimbab, yang makannya harus di campur dulu. Kelebihan mangkok ini adalah tahan panas lho, selain anti karat juga tentunya.
Mangkok stainless steel ini ngetrend karna gaya makan yang khas. Di beberapa restoran di Indonesia sudah banyak yang menyajikan nasi dengan mangkok ini. Kalau beli sendiri sih harganya berkisar kurang lebih Rp. 55.000,- 
Rice bowl stainless steel
Teman sang pansi kuning yang kedua adalah sujeo, sepasang sendok dan sumpit. Sujeo berasal dari kata sutgarak (sendok) dan jeotgarak (sumpit). Sujeo ini juga selain berfungsi sebagai peralatan makanan, juga sering dipakai untuk hadiah atas kelahiran seorang bayi atau hadiah pernikahan karena sujeo dianggap sebagai salah satu alat penting bagi kehidupan dan melambangkan kemakmuran. Dalam sujeo juga biasanya terdapat barbagai ukiran yang bermotif umur panjang.
Sumpit di Korea berbeda dengan Jepang, karena kalau di Korea sumpit dibuat dari logam seperti kuningan, perunggu, atau perak sedangkan di Jepang terbuat dari kayu. Sujeo bisa kamu beli kurleb harganya 50ribuan.

Sujeo
Korea selain unik dari sisi peralatan makannya juga ada banyak tata krama saat makan juga sangat di jaga. Seperti salam ketika akan makan "Jal moke get sum nida", terus tidak mengangkat mangkuk nasi atau sup tetapi dekatkan mulut ke meja agar makan tidak tercecer. Saat ingin minum tuang air untuk yang lebih tua terlebih dahulu dan pegang dengan kedua tangan dan tidak lupa salams etelah makan "Jal moke got sum nida".

Duhhhh jadi pengen buru-buru ke Korea dehhhhh.. entah kapan tapi :D huhuh..


4 komentar:

  1. kalo tata krama makannya kurang lebih kayak orang jepang ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba ^^ kurleb gitu hihihi..

      Hapus
  2. Panci kuning..langsung inget gu jun pyo...
    Jd pgn makan panci kuning..ups makan pakai panci kuning

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benerrrrr bangeetttttt.. ngingetin sm Gu Jun Pyo waktu makan sm Jan Di ya ^^

      Hapus