Mei 31, 2015

Kulineran ala Thailand di Jittlada Thai Cuisine

Selain Korea Selatan, negara kedua yang pengen banget aku datengin adalah Thailand. Karena apa?? hmmm karena di Thailand telah terlahir seorang Prince Charming, Nichkhun Buck Horvejkul ^^
Dia jadi alasan pertama kenapa pengen banget menginjakan kaki di Thailand, kerena Thailand sebagai tanah kelahiran babyboo kesayangan aku :)

Berhubung belum sempet keturutan buat terbang ke Thailand, biar ga kaget kalau suatu saat beneran bisa kesana hal pertama yang aku cari tahu adalah tentang makanannya. Duh kalau urusan makanan itu udah nomer satu buat aku. Apalagi kalau Nichkhun ditanya makanan Thailand kesukaannya, dia selalu bilang "pad thai". Kayak apa sih makanan yang namanya rada aneh itu :D hohoh
Dan aku nemu satu restoran Thailand yang ada di Jakarta, yaitu di Jittlada Thai Cuisine. Aku udah dua kali nyobain makan disana. Pertama kali Jittlada yang berada di Ciputra World dan yang kedua di Grand Indonesia.
Waktu itu kebetulan ada meeting sama klien, dan mutusin buat lunch meeting di Jittlada.
Design interiornya ala-ala Thailand gitu.. dan begitu dateng langsung disapa "Sawadeka" ^^
Udah penasaran sama menunya apa aja?

Appetizer.. ada Spring Roll dan Chicken pandan. Isi dari Spring Roll ada ayam, udang, daging kepiting dan mie. Kalau buat Chicken Pandan biasa sih, ayamn yang di bungkus dengan daun pandan dan di goreng.

Lanjut menu berikutnya ada Pad Thai. Makanan yang telah menjadi icon dari Thailand ini adalah satu-satunya makanan dari Thailand yang menyandang nama "Thai". Pad sendiri dalam bahasa Thailand artinya dalah goreng. Jadi Pad Thai ini ceritanya mie yang di goreng bareng dengan sayur seperti toge dan kucai, juga diorek bareng telur, ayam atau seafood. Disajikan dengan tumbukan kasar kacang tanah, dan biasanya dimakan dengan perasan air jeruk nipis. Rasanya sih kayak mie goreng biasa, tapi agak sedikit seger karena ada jeruk nipisnya.
Buat Steam Dish-nya aku pilih Steam Fish With Lime atau Pla Bu Manao, yaitu ikan yan di steam dengan cabai Thailand dan saus lime. Menu ini jadi highlight dari smua menu yang dipesan. Daging ikannya endues banget, teksturnya lembut warnanya putih gitu. Dan yang ga kalah mantap tuh kuahnya. Seger banget!! bikin gagal diet kalau udah makan beginian. Dari beberapa menu yang ake pesan, Pla Bu Mano ini yang paling mehong alias mahal hohoh.. tapi sebandinglah sama rasanya :)
Menu selanjutnya sih standart ya Chicken Satay. Kalau yang ini udah familiar ya pasti, yaitu sate ayam. Penasaran mau cobain adakah perbedaan cita rasa dengan sate ayam di Indonesia. Tapi pada dasarnya sama kok.
Buat dessert aku pesan Cooked Tapioca in Syrup. Jadi ini itu singkong rebus yang disiram sama syrup yang dibuat dari santan. Rasanya sih enak, lumer gitu singkongnya di mulut. Padahal cuma singkong lho ya, kalau udah di olah jadi punya nilai cita rasa yang tinggi. Minumnya aku pilih Thai Ice Green Tea.
Setelah nyobain beberapa makanan dari negeri gajah ini, kesimpulan aku sih kalau lidah ku cukup bersahabat dan cocok dengan cita rasanya. Untuk menu makanan berkuah ciri khas dari masakan Thailand adalah asam pedasnya, karena Tom Yam dan Pla Bu Manao juga menonjolkan rasa tersebut. Dessert juga masih sama dengan Indonesia yang selalu mengggunakan rasa manis. Udah bisa lah ya aku terbang ke Thailand  buat jalan-jalan kalau gitu ^^

Ngomongin soal jalan-jalan, kalau di Jakarta yang super macet gini tuh males banget jalan-jalan naik mobil. Yang pertama selain pegel karena macet, yang pasti urusan bahan bakar. Tapi kalau seandainya insyaallah ada rejeki lebih dan ditanya pengen mobil apa, kayaknya aku bakal pilih Toyota Agya. Kenapa gitu? Yang pasti karena irittttt bahan bakar. Itu penting banget, harus cerdas lah ya ketika harga bahan bakar ga stabil gini. Toyota Agya selain terkenal karena irit juga karena sistem keamanannya yang dilengkapi dengan Dual SRS Air Bag, ISOFIX, Seat Belt With Pretensioner&Force Limiter juga Body Structure Reinforcement.
Selain featurenya yang lengkap tampilan dari Toyota Agya juga menggoda apalagi yang warna merah ya ^^

Hmmm kapan nih ya kira-kira bsa jalan-jalan naik Agya buat kulineran :D

0 comments:

Posting Komentar