November 17, 2016

Nyobain Makguksu di Seorae Korean Grill Jogja


Kalau di Indonesia makan mie pasti dengan kuah panas, nah kalau di Korea selain ada menu mie dengan kuah panas ada juga menu mie yang dimakan dengan air dingin plus batu esnya di dalam mangkok. 
Beberapa bulan lalu waktu mudik ke Jogja, aku sama adik bungsu ku jalan ke Ambarukmo Plaza. Kelar muter-muter kita mampir ke Seorae Korean Grill buat isi perut karena udah laper. Kita pesen beberapa menu. Yang pasti ada Topokki terus Ramen Seafood, dan Makguksu. Jogja waktu itu emang lagi panas gitu jadi kepikiran seger gitu kalau makan mie dingin.






Jadi, mari kita bahas lebih detail lagi tentang Makguksu ini.

Makguksu adalah hidangan mie buckwheat Korea yang disajikan dalam kaldu dingin, kadang-kadang disajikan dengan gula, mustard, minyak wijen atau cuka. Makanan ini adalah makanan khas daerah dari provinsi Gangwon, Korea Selatan, dan ibukota, Chuncheon. (sumber wikipedia)

Makguksu ini adalah salah satu makanan favorite ketika musim panas di Korea. Mie gandumnya menurut aku enak banget. Di Korea ada lagi jenis mie dingin dengan menggunakan bahan mie gandum yaitu Naengmyeon, yang membedakan dua menu ini adalah kuahnya. Makguksu menggunakan gochujang sebagai campuran kuahnya tapa kaldu, sedangkan Naengmyeon menggunakan kuah kaldu.

Makguksu yang aku cobain di Seorae Grill, rasanya sedikit asam. Dan banyak terdapat sayuran di dalamnya. Rasa kuahnya hampir seperti asinan sayur, tapi tanpa bumbu kacang ya :D 
Kalau asinan sayur ada bumbu kacangnya, kalau Makguksu ada gochujangnya. Pokoknya asam-asam seger gitu. Satu porsi Makguksu di Seorae Korean Grill dibandrol harga Rp. 58.800.


Sesuai namanya, Seorae Grill. Tempat ini sebenarnya emang paling asik buat nge-grill tapi berhubung kemarin aku udah kemaleman sama adik ku jadi nggak nyobain buat nge-grill disini. 



si bungsu ^^
jjalmoke getseumnida ^^
Buat yang di sekitar Jogja atau yang mungkin lagi di Jogja terus pengen nyobain makan di Seorae Korean Grill, bisa langsung datang ke Ambarukmo Plaza lantai 3
Berikut daftar menu yang ada di Seorae Korean Grill.












7 komentar:

  1. aku kurang demen makanan korea :( baru pernah nyoba JJang myun aja sih ehehe yg mie hitam ituhhh

    http://www.fujichan.net/

    BalasHapus
  2. wah sekaarng lagi ngetren dmakanan korea ya yg sebelumnya makanan jepang. Aku sih belum pernah sekalipun nyoba takut gak suka krn lidahku ,lidah indonesia banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku awalnya juga gitu huhuhu.. tapi lama-kelamaan bisa beradaptasi karena masih citarasa Asia jadi ga jauh beda kok sm Indonesia :)

      Hapus
  3. wah korea lg tren kulineran spt ini..mihil mihil tp y kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuliner mihil, sekali-sekali boleh lah kk ^^

      Hapus
  4. sekarang restoran makanan korea sudah ada dimana-mana ya..

    BalasHapus
  5. Dimari halal g?da sertifikat mui ga?

    BalasHapus