November 16, 2016

Cara Mengatasi Jumlah Postingan Halaman Utama Tidak Sesuai Dengan Setting


Aku hari ini baru ngeh cek Beranda di blog My Korean Drama, ternyata jumlah postingan artikel di beranda tidak sesuai dengan jumlah postingan pada Setting di blog. Pada Setting di blog aku udah setting jumlah postingan max  Beranda/Home/Halaman Utama sebanyak 6 artikel tetapi yang nongol di cuma 2 artikel. Kenapa gitu? Apa bawaan template blog? Atau memang harus ditambahin script tertentu di html?

Jumlah postingan di Beranda hanya 2 artikel
Dari segi tampilan pun akan terasa aneh ketika banyak ruang kosong di Beranda/Home, dan akan mempengaruhi jumlah page view juga secara tidak langsung karena biasanya visitor yang berkunjung pasti melihat isi halaman pertama terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk bounce atau untuk lanjut ke halaman berikutnya.

Nah, terus gimana nih? 
Apakah bawaan dari template? atau memang harus ditambahkan script lagi di htmlnya?

Normalnya untuk beberapa case ada yang memang bawaan dari template dan mesti di edit dari scriptnya. Ada juga yang bisa otomatis di sesuaikan jumlah postingan pada blog bisa lewat fitur Setting/Setelan bisa juga lewat fitur Tata Letak.

Cara mengatur jumlah postingan lewat fitur Setelan (setting bahasa Indonesia)
1. Buka blogger.com
2. Pilih Setelan/Setting
3. Pilih Pos, Komentar dan Berbagi
4. Masukan jumlah max artikel yang akan ditampilkan di Beranda


Cara kedua, kamu juga bisa atur jumlah artikel di Beranda lewat fitur Tata Letak (setting bahasa Indonesia)
1. Buka blogger.com
2. Pilih Tata Letak
3. Pilih Edit di bagian Posting Blog


4. Masukan jumlah max artikel yang akan ditampilkan di Beranda



Kalau kedua cara tersebut udah dipakai tetapi jumlah artikel ternyata masih nggak sama juga?

Aku sempat googling dan bahkan berniat otak atik template tapi ternyata ilmu masih cetek dan nggak nemu juga celahnya. Googling hingga halaman kesekian dan akhirnya nemu. Ternyata caranya gampang banget :D

Berhubung di Mykoreandrama.com sudah ada bawaan dari template untuk "Read More" atau "Continue Reading" jadi sering lupa tidak menggunakan fitur "Insert Jump Break"


Dan ternyata itulah penyebab jumlah artikel atau postingan di Beranda tidak sesuai dengan Setting. Setelah aku edit artikelnya, dan aku berikan "Insert Jump Break" kesemua artikel yang belum menggunakan fitur tersebut hasilnya ternyata benar, jumlah artikel di Beranda/Home akhirnya sama dengan jumlah Setting.

Semoga bermanfaat bagi yang belum tahu dan menemukan case yang sama ^^



1 komentar: