September 21, 2016

Pentingnya Google Analytics Bagi Blogger


Para blogger profesional mungkin udah nggak asing lagi dengan istilah google analytic, dan kali ini aku mau sharing bareng temen-temen smua yang mungkin belum mendaftar google analytic tentang seberapa penting sebenernya google analytic.
Google analytic adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web/blog.


Fungsi google analytics :

1. Mari  kenali  karakteristik blog kita
Dari google analytics kita dapat melihat 4 elemen penting dari blog kita, yaitu :

Siapa pengunjung blog kita?


Kita bisa melihat berapa usia rata-rata visitor, berapa jumlah female dan malenya, berada di kota mana saja. Ini bisa jadi salah satu senjata penting bagi blogger untuk mendekati advertiser. Dekati dengan data. Misal ada advertiser yang mengincar kota-kota besar sebagai target audiencenya. Kalau kita punya data, kita bisa maju.” Ini lho data visitor saya dari kota A, B, C, D dengan usia dari umur sekian sampai umur sekian, dan dengan unique visitor sekian di tiap harinya”

Bagaimana mereka menemukan blog kita?


Kita bisa tahu berasal dari mana saja traffic yang masuk ke blog kita. Dari google search berapa, dari social media berapa, atau mungkin dari iklan. Apabila hasil dari google search banyak itu berarti dari sisi SEO bagus karena banyak visitor yang menemukan blog kita dari google. Atau seandainya traffic darisocial media kecil, berarti kita mesti sering-sering share di akun sosmed. Bisa dijadikan bahan analisa buat kita buat menaikan traffic.

Apa yang mereka lakukan di blog kita?


Dari google analytic kita bisa tahu behaviour dari visitor kita. Berapa lama mereka berkunjung, berapa halaman yang mereka klik dalam satu kali kunjungan, berapa bounce ratenya, dari halaman mana saja rata2 mereka masuk pertama kali dan keluar dihalaman keberapa. Kita juga bisa melihat search queries, misalnya search queries “kontak” ada 100. Berarti banyak yang mencari info kontak kita tapi tidak mudah memenukan informasi tersebut di blog kita, dan itu jadi insight buat kita. Kita mesti buat halaman kontak yang menarik dan mudah ditemukan.

Kapan mereka berkunjung?


Sebagai blogger tentunya ingin tulisannya di baca banyak orang, dan penting sekali tahu kapan aja pengunjung di blog kita ramai. Misal tipa hari Senin traffic di blog selalu tinggi, jadi usahakan setiap hari senin publish artikel atau ketika mendapatkan jobreview publish di hari Senin agar jumlah page viewnya banyak.

2. Belajar jadi blogger profesional yang mengerti tentang kebutuhan reporting.


Bagi advertiser menggunakan jasa blogger karena beberapa alasan, diantarany kebutuhan SEO (backlink), kebutuhan awareness, dan kebutuhan traffic. Sebagai seorang publisher kita wajib tahu kebutuhan apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh advertiser. Kalau backlink, mari berikan backlink yang relevan. Kalau awareness kita bisa share sebanyak mungkin ke sosmed agar semakin banyak orang baca dan tahu. Nah dari sisi publisher masih jarang yang memberikan report kepada publisher kecuali diminta, advertiser akan amat sangat senang sekali apabila dari sisi publisher memberikan report tentang job reviewnya. Misal dalam waktu sebulan, berapa page view, berapa unique visitor, berapa bounce rate, berapa time on page dll. Apabila hasilnya memang bagus, maka ga mustahil job review akan datang lagi, karena dunia blogging sekarang udah banyak persaingan jadi yang bisa kita tawarkan ke advertiser adalah service yang berbeda tentunya.

Sekian, semoga bermanfaat ^^

6 komentar:

  1. Iya wajib banget itu pakai analytic untuk tahu perkembangan blog kita :-D

    BalasHapus
  2. Harus kuat tidak minder setelah melihat laporan Google Analytics. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangatttttttt :D hihihi.. kan banyak insight yang bisa dipelajari biar blog lebih kece ^^

      Hapus
  3. Empie aku udh lama install Google analytic di HP. Pas di update versi baru kok aku nggak ngerti lagi liat laporannya 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku malah ga instal versi HP mba hihihi.. ga ngerti dimananya mba?

      Hapus