Juni 24, 2016

Cara Mengungkapkan " I Love You" di Korea



Buat pecinta drama korea atau pecinta kpop, kamus wajib adalah kata "saranghae" atau "saranghaeyo" buat ngungkapin rasa cinta kepada bias kesayangan. Kalau dicermati kembali di drama korea selain "saranghae" dan "sarangahaeyo" ada lagi kata "saranghamnida" dan "saranghanda". 

Nah yang mau aku bahas sekarang adalah kapan kata-kata itu dapat digunakan secara cepat. Kepada siapa dan kapan kata-kata itu dapat digunakan.

Formal "I love you" dalam bahasa korea

Saranghamnida ( 사랑합니다 )
Frase ini adalah versi resmi untuk "aku mencintaimu" dalam bahasa korea, dan harus digunakan dengan orang yang kamu hormati (lebih tua) atau untuk orang yang baru kamu kenal. Bisa juga digunakan ketika berbicara dengan kelompok orang. Hal ini nggak sering digunakan dalam bahasa sehari-hari karena sifat dari kata tersebut, tetapi dapat digunakan jika kamu membuat presentasi atau pidato.

Standart "I love you" dalam bahasa korea

Saranghaeyo ( 사랑해요 )
Ini adalah cara standart untuk mengucapkan "aku mencintaimu" dalam bahasa korea. Di Korea penting diingat bahwa hirarki sosial dalam berbicara kepada seseorang itu penting. Biasanya ada penambahan kata -ssi dalam penyebutan nama untuk menggunakan kata "saranghaeyo", atau kamu juga bisa gunakan kata "saranghaeyo" untuk ungkapkan cinta kepada ayah atau ibu. Sangat penting untuk berbicara dengan cara yang menunjukkan bagaimana hubungan kamu dengan orang lain. Sebagai aturan umum, menggunakan bahasa informal dengan orang yang kamu kenal dengan baik, dan lebih formal bagi mereka yang kurang dekat dengan kamu (lebih tua).

Informal "I love you" dalam bahasa korea

Saranghae ( 사랑해 )
Ini adalah cara informal mengatakan 'aku mencintaimu'. Perbedaannya dengan "saranghaeyo" adalah akhiran (요) dihilangkan. Ini digunakan antara orang-orang yang udah dekat dengan kamu, seperti dengan pacar. Frase ini adalah cara yang paling umum digunakan untuk mengatakan 'aku mencintaimu'. Hal ini karena biasanya kamu hanya menggunakannya ketika berbicara dengan seseorang yang kamu bener-benar dekat.

Kamu juga bisa menambahkan kata "aku dan "kamu" dalam pengungkapannya, sebagai contoh "naneun noreul saranghae" ( 나는 너를 사랭해 )
Sebagai ungkapan balasan kamu bisa menjawab "nado saranghae" yang artinya i love you too.

Tambahan lagi biasanya kamu pasti juga sering dengar kata "saranghanda" ( 사랑한다 ). Ini adalah bentuk tertulis dari kata kerja 'untuk mencintai', Frase itu biasanya dapat kamu temui dalam sebuah puisi atau essay di Korea.

Gimana sedikit membantu pencerahan dari aku? :)


sumber: 90daykorean.com


3 komentar:

  1. Gw mau ngucapin ke siapa yaaa ??? #Mikir

    BalasHapus
  2. ohh gitu ya kak, kalau yang lain sih aku tahu cuma yang saranghanda baru tahu sekarang, thanks informasinya kak..

    BalasHapus