Februari 26, 2016

Sensasi Masuk ke Dunia Game dengan Google Cardboard


Waktu kecil kamu mungkin pernah berimajinasi untuk masuk ke dalam dunia game. Nah, sekarang ini imajinasi masa kecil kamu bisa terealisasikan dengan teknologi virtual reality. Google membuat sebuah inovasi virtual reality bernama Google Cardboard. Diantara berbagai macam produk virtual reality, bisa dibilang perangkat buatan Google ini adalah yang paling ekonomis.

Berbeda dengan perangkat virtual reality lain, Google Cardboard adalah perangkat DIY atau do-it-yourself. Dengan artian, kamu harus merakit sendiri alat yang akan kamu gunakan tersebut. Saat membeli virtual reality ini kamu akan mendapatkan satu set cardboard atau kardus dan kelengkapan lainnya yang nantinya harus kamu rakit sendiri.
Sementara itu kamu juga memerlukan smartphone sebagai layar untuk visualisasi 3D. Tapi kamu perlu ingat bahwa nggak semua smartphone pas untuk disisipkan ke dalam Google Cardboard. Awalnya perangkat ini dirancang Google hanya untuk Nexus 5 yang juga diproduksi oleh Google.
Apa aja yang bisa dilakukan dengan Google Cardboard? Tentunya segala hal berkaitan dengan visualisasi 3D. Kamu bisa seolah masuk ke dalam dunia game dan berinteraksi di dalam game tersebut. Uniknya, perangkat ini bisa merespon gerakan kepala kamu. Jadi saat kamu ingin melihat ke arah kiri di dalam game, kamu cuma perlu menengok ke arah kiri. Luar biasa, bukan?
Untuk mengontrol layar yang ada di dalam perangkat Google Cardboard, perangkat ini menyediakan tombol magnet di sisi kiri sehingga layar bisa ditekan tanpa sentuhan. Magnet berada di bagian luar dan bisa digeser menggunakan jari. Pergeseran magnet tersebut akan dideteksi oleh smartphone menjadi sebuah perintah “klik” atau “tap”.
Metode praktis ini memang sengaja dibuat oleh Google, supaya pengguna nggak harus repot mengeluarkan smartphone dari dalam Google Cardboard saat ingin menekan tombol. Apakah tampilan gambar atau video benar-benar 3D? Tentu saja nggak, karena yang ditampilkan hanyalah visualisasi.
Dengan menggunakan aplikasi khusus virtual reality pada smartphone kamu, maka layar smartphone akan terbagi dua. Nantinya bagian layar sebelah kanan akan dilihat oleh mata kanan, begitu pula dengan layar di sebelah kiri. Dengan demikian Google Cardboard akan memproyeksikan semua bidang pandang mata. Secara otomatis layar yang dibagi dua tersebut akan diterima dan disatukan oleh otak dan membentuk sebuah tampilan tiga dimensi.
Untuk harganya sendiri, Google Cardboard dijual dengan harga mulai Rp 30 ribuan aja. Terjangkau sekali, bukan? Selamat mencoba :)

1 komentar:

  1. Saya sdh coba. Keren sih cuma kayaknya gt2 doang hehe. Ini opini pribadi sih

    BalasHapus