Februari 16, 2016

Mengenal Boneka Beruang Lucu Asal Jepang, Rilakkuma


Kalau kamu melihat gambar beruang di atas, pasti kamu udah sangat familiar. Pasalnya boneka beruang bernama Rilakkuma itu sering dijumpai di berbagai produk, mulai dari pakaian, tas, buku, hingga barang sehari-hari lainnya. Nah, kali ini kita akan coba berkenalan lebih dekat dengan si boneka beruang lucu tersebut.

Rilakkuma sendiri berasal dari bahasa Jepang. Karakter beruang lucu ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2003 lalu oleh perusahaan San-X. Rilakkuma nggak sendirian, karena San-X memperkenalkan boneka beruang tersebut bersama boneka lain, yakni Tarepanda.
Pada awalnya Rilakkuma hanya dirilis dalam bentuk buku bergambar saja. Namun ternyata sejak pertama kali muncul ke publik, boneka beruang yang muncul dalam buku berjudul Rilakkuma Seikatsu itu makin populer. Dalam buku tersebut sosok beruang lucu itu digambarkan sering memakai berbagai kostum. Pada akhirnya Rilakkuma jadi salah satu karakter hits di Negeri Matahari Terbit, sampai ke negara-negara lain.

Bahkan pada bulan Mei 2010 lalu, karakter Rilakkuma tercatat sebagai tokoh atau karakter terpopuler kelima di Jepang, menurut hasil survei Karakter Databank. Luar biasa, bukan? Maka dari itu nggak heran kalau sampai sekarang di Indonesia pun banyak produk-produk yang menggunakan Rilakkuma sebagai icon.
Ada cerita unik dibalik terciptanya karakter Rilakkuma. Awalnya, perusahaan San-X memberi kewajiban kepada para anggota staf mereka untuk membuat satu karakter lucu setiap bulannya. Pada akhirnya salah seorang staf, yakni Aki Kondo menciptakan Rilakkuma karena ia sangat menginginkan seekor hewan peliharaan untuk menemani kesibukannya.

Dalam bahasa Jepang, Rilakkuma juga berarti “bersantai". Hal tersebut juga tergambar melalui perilaku karakter beruang tersebut yang sangat suka bersantai, seperti berbaring, menonton TV, berendam di air panas, dan sebagainya. Kepopuleran Rilakkuma di Jepang ternyata juga mampu menarik produsen mainan terpopuler di negara tersebut, Bandai untuk merilis Rilakkuma dalam edisi khusus.

Situs resmi San-X menyebutkan kalau Rilakkuma adalah beruang jantan atau laki-laki, sedangkan tokoh lainnya yakni Korilakkuma adalah betina atau menggambarkan sosok perempuan.
Nah, buat kamu penggemar karakter Rilakkuma, kamu bisa mendapatkan berbagai aksesoris dan produk fashion bergambar Rilakkuma di toko-toko terdekat atau di online shop seluruh Indonesia. Selamat berbelanja :)

3 komentar:

  1. Baru tau artinya Rilakkuma, hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha.. aku pun begitu mba :D karna iseng cari info

      Hapus
  2. ohh rilakkuma itu beruang jantan ya kak, saya baru tahu..

    BalasHapus