Oktober 15, 2015

Tuna Sandwich ala Empie



Kembali ke pojok dapur empie :)
Kali ini ceritanya temen di kantor lagi berala-ala ria pengen bikin sandwich. Ga nanggung-nanggung karena Mas Ichin :temen kantor: sampai bawa toaster ke kantor. Duh semoga aja emaknya di rumah ga merasa kehilangan ya, tiba-tiba prabotan dapurnya ada yang raib :D


Rencana awal mau bikin sandwich isian pakai telor ceplok mata sapi, tapi beralih ke ikan tuna.
Terus dapet ikan tunanya darimana?
Di basement gedung kantor ada Superindo, jadi bisa beli tuna disana terus minta digorengin sekalian. Buat bahan-bahan yang lainnya juga belanja disana. Makanya di kantor demen banget bereksperimen main masak-masakan karena gampang cari bahan yang dibutuhin.

Satu hari sebelumnya udah dirinci bahan apa yang dibutuhin, dan besoknya pagi langsung ke bawah buat belanja bahan-bahannya.

Oia, aku bereksperimennya jam istirahat lho ya :D

Cooking time..

Aku mau bikin Tuna Sandwich, dan bahan-bahan yang dibutuhin :
1. Ikan Tuna
2. Selada
3. Tomat
4. Ketimun
5. Mayonaise (thousand island)
6. Margarine
7. Merica bubuk
8. Saos
9. Roti Tawar
10. Keju


Cara bikinnya :
1. Olesin margarine ke roti tawarnya, terus masukin ke toaster yang udah di panasin (dicolokin ke listrik)

2. Tunggu sekitar2 menit, kalau ada lampu indikatornya lebih bagus. Jadi begitu udah mateng lampunya mati atau berubah warna terus tinggal di angkat deh.
3. Iris tomat, teimun, dan keju sesuai selera ukurannya.
4. Taburin sedikit merica bubuk ke tuna yang udah di suwir-suwir kasar.
5. Susun sandwichnya deh, mulai dari roti tawar, selada, tomat, ketimun terus kasih sedikit mayonaise, baru diatas taburin tuna. Lanjut kasih saos diatas tuna, dan terakhir taruh keju diatasnya.



6. Siap di santap dengan dicocol saos kalau saosnya kurang berasa :)


Sedikit tips buat ngebersihin pemanggang roti / toaster.
1. Biasain buat bersihin toaster setelah digunakan, jangan dibiarin bekas pemakaian/ remah rotinya mengendap.
2. Sebelum dibersihin, pastiin udah ga di colokin di stop kontak ya. Diemin sampai toasternya dingin baru dibersihin.
3. Ngebersihin bagian dalamnya pakai kain yang lembut/ tissu juga bisa.
4. Nah untuk bagian luar bisa pakai kain yang sedikit lembab agar bekas noda yang tertempel dibagina luar bisa dibersihin juga.

Kalau dilihat di foto ini, aku main masak-masakan sama para laki. Hmmm.. tau banget hobi ku maen masak-masakan dan mereka nurutin aku ikut masak-masakan juga :D
Kalau aku sih mau bikin apapun ayo aja asal bahan udah ada jadi aku udah otak atik deh, dan menu yang mau dibikin biasanya ngikutin yang punya modal hihihi.. ^^








7 komentar:

  1. Ikan tunanya bau amis ga ses?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau masaknya mateng ga kok.. heheh

      Hapus
    2. kalau masaknya mateng ga kok.. heheh

      Hapus
  2. yang batik biru, keren aneeeuutt......

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahah.. anak pejabatttt :D tapi tahan perut cuy harusnya pak di poto :P

      Hapus
  3. wuaaaa.... aku demen juga nih nyoba resep baru, ntar kapan2 bikin ah pesen tuna sama tukang sayur hehehe

    BalasHapus