Agustus 28, 2015

Hal Sepele Tapi Penting Diperhatikan Saat Memasak


Memasak adalah kegiatan yang udah lazim dilakuin dan biasanya sering disepelekan oleh banyak orang. Padahal dalam memasak juga ada risiko-risiko yang bisa dialami oleh orang yang memasak. Misalnya terkena minyak panas, tergores pisau, baju yang terkena noda, dan sebagainya. Namun sepertinya hal tersebut jarang diperhatikan. Padahal sebenarnya sebelum kamu ke dapur untuk memasak, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu.


Hal pertama, panaskan terlebih dahulu panci yang mau kamu gunain. Pasalnya panci yang terlalu dingin biasanya akan menyebabkan masakan menjadi lengket dan ga mengeluarkan warna. Biasanya hal ini sering dialami oleh orang-orang yang memasak daging atau steak. Paling ga panaskan dulu wajan atau pancinya sebentar. Tuangkan sedikit minyak, lalu panaskan dengan api kecil beberapa saat.

Hal kedua yang sering ga diperhatikan saat memasak adalah panci atau wajan yang terlalu penuh. Mungkin kamu juga pernah melakukan hal ini. Misalnya kamu ingin memasak daging, dan karena tidak sabar maka kamu langsung menuangkan sekaligus 2-3 irisan daging ke wajan atau panci. Pancinya terlalu penuh dan justru cara tersebut bisa merusak makanan. Tempat yang terlalu penuh ternyata bisa menyebabkan air akan cepat mendidih. Hasilnya tingkat kematangan masakannya ga sempurna.

Kesalahan lain yang juga banyak diabaikan oleh orang yang memasak adalah pisau yang tumpul. Ketika memasak dan meracik bumbu atau bahan-bahan makanannya, usahakan gunakan pisau tajam. Perlu kamu ketahui kalau ternyata pisau yang tumpul bisa merusak bahan makanan. Bahkan sebagian besar kasus kecelakaan di dapur seperti jari teriris atau tergores pisau justru disebabkan oleh pisau yang tumpul.

Selanjutnya pastikan kamu ga menggunakan alat-alat dapur yang murahan. Ingat, murah bukan berarti murahan, ya. Pasalnya barang yang harganya terlalu murah terkadang kualitasnya ga terjamin. Misalnya kamu pernah menemukan panci atau wajan yang sangat ringan dan tipis. Wajan yang terlalu tipis membuat kamu ga bisa memperkirakan panas yang sesuai. Wajan yang baik adalah yang dasarnya berat, dan ga meninggalkan banyak sisa lemak di bagian dasar wajannya.

Yang terakhir, memasak pasti identik dengan memegang bahan-bahan makanan dan bumbu-bumbu yang bisa membuat baju jadi kotor atau terkena noda. Oleh karena itu ada baiknya kalau kamu sedang memasak, pakailah celemek. Kalau kamu bosan dengan celemek yang motifnya hanya itu-itu aja, coba beli celemek karakter. Celemek yang motifnya bervariasi, lucu dan tentunya lebih menyenangkan saat dipakai. Misalnya seperti motif Hello Kitty, Winnie the Pooh, Frozen, dan sebagainya.

Jadi inget acara We Got Married Taecyeon sama Gui Gui yang masak pakai celemek karakter couple yang sengaja disiapin Gui Gui. Lucu gitu celemeknya. Nanti nunggu punya suami dan masak bareng di dapur kali ya baru beli celemek karakter couple gitu ^^



Jadi kesimpulannya adalah, ketika memasak kamu harus perhatiankan banyak hal termasuk dari mulai bahan makanan, kebersihan, alat masaknya, dan dari sisi resikonya. Memerhatikan peralatan dapur yang digunakan dan memerhatikan cara memasak yang benar.

Semoga bermanfaat :)



2 komentar:

  1. Hehehe saya nggak doyan masak sih, tapi kalau makannya doyan. Tapi yang dijabarkan di sini emang harus diperhatiin sih, nggak asyik kan masaknya jadi petaka gara-gara hal yang nggak diinginkan...

    btw mampir juga ke blog ku yo di http://segeralahtobat.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. benar banget kak, terkadang pisau yang tumpul bisa menghambat waktu memasak karena bisa menghabiskan waktu yang lama..

    BalasHapus