Persiapan Penting Sebelum Berangkat ke Korea Selatan mulai 16 Mei 2022

By Empie - 16:45



Per tanggal 1 Juni 2022 Korea Selatan sudah membuka border untuk wisatawan, dan demi kenyamanan juga keamanan selama berlibur ke Korea Selatan ada beberapa persiapan yang mesti kalian tahu. Nah apa saja persiapan yang dibutuhkan sebelum berangkat ke Korea Selatan di tahun 2022 ini? 

Aku udah merangkum beberapa point penting dari website visitkorea.or.id tentang persiapan dan dokumen apa saja yang penting untuk disiapkan sebelum melakukan perjalanan ke Korea Selatan.

Berikut adalah dokumen yang perlu kalian siapkan sebelum berangkat ke Korea Selatan : 

1. Cek proses masuk melalui perwakilan diplomatik Korea. Informasi lengkapnya di  https://bit.ly/VisaKoreaHadir

2. Dapatkan Visa atau K-ETA
  • Ajukan permohonan visa Korea. Untuk proses pengajuan visa dapat menghubungi KVAC : 021-3950-4000)
  • Korea telah secara resmi memberlakukan sistem Korea Electronic Travel Authorization (K-ETA) atau Otorisasi Perjalanan Elektronik Korea. Mengingat situasi COVID-19, Korea untuk sementara menangguhkan program bebas visa dan pengesampingan visa. Pelaku perjalanan bebas visa harus memeriksa kelayakan dan mengajukan K-ETA terlebih dahulu untuk memasuki Korea. Para pengunjung yang tidak memenuhi syarat untuk K-ETA diharuskan mengajukan permohonan visa. Kunjungi situs web K-ETA untuk detailnya. K-ETA tidak berlaku untuk WNI, Karena WNI harus mengajukan Visa. K-ETA berlaku bagi warga negara yang sebelum pandemi mendapatkan hak istimewa bebas visa)
3. Siapkan Bukti Hasil Negatif Tes PCR COVID-19

Semua pelaku perjalanan harus menyiapkan Bukti Hasil Negatif Tes PCR COVID-19 yang dilakukan dalam waktu 48 jam sebelum tanggal keberangkatan. 

4. Daftarkan informasi pelaku perjalanan pada situs web Q-code

Mendaftarkan informasi pelaku perjalanan di situs web Q-code sebelum naik pesawat akan membuat proses masuk di Korea lebih cepat dengan menggunakan kode QR. Registrasi Q-code bukan merupakan persyaratan, tetapi para pelaku perjalanan yang telah divaksinasi lengkap di luar negeri harus mendaftarkan sertifikat mereka secara online untuk bebas dari karantina.
Proses masuk yang dipercepat melalui Q-code saat ini hanya tersedia di Bandara Internasional Incheon.

Jadi yang penting lagi, jangan lupa siapkan semua dokumen yang diperlukan dalam bentuk cetak, termasuk sertifikat vaksinasi kalian. Informasi yang diperlukan pada sertifikat: nama, tanggal lahir, jenis vaksin, tanggal vaksinasi, nama klinik/pusat vaksinasi, stempel resmi dari pusat yang diberikan atau otoritas kesehatan masyarakat. Sertifikat harus dalam bahasa Korea atau Inggris.


Informasi lengkap seputar persyaratan dan dokumen sebelum masuk ke Korea Selatan bisa ke https://visitkorea.or.id/

Jadi gimana? #TraveltoKoreaBeginsAgain dan #SaatnyaKeKoreaLagi 




  • Share:

You Might Also Like

0 comments