Agustus 03, 2018

Jelajah Pasar Namdaemun : Nawar di pasar? Boleh banget


Tahun lalu aku udah belanja souvenir dan beberapa oleh-oleh di pasar Namdaemun, jadi tahun ini aku balik lagi ke pasar Namdaemun buat belanja lagi. Sebenernya beli souvenir bisa di banyak tempat sih, di daerah Myeongdong juga banyak yang jual souvenir gitu. Kalau lagi main ke Dota Mall juga bisa belanja ke Arirang, tapi harga lebih murah kalau beli di pasar pastinya selain itu bisa nawar pula :D
Aku udah buktiin beberapa kali nawar dan berhasil lho ^^

Dulu aku pertama kali ke Korea pernah nawar tempelan magnet buat kulkas gitu, dari harga 6.000 Won bisa dapet harga 4.000 Won cuma bermodal "immo kaka juseyo" :D

Terus bulan Mei lalu, aku juga nawar pouch dari harga 12.000 Won jadi 10.000 Won. Kalau yang ini ceritanya lebih seru. Temen ku udah beli duluan, satunya 4.000 Won, dia beli 3 jadi 12.000 Won. Aku tiba-tiba pengen beli juga, terus aku nawar donk. Yang jual udah tua gitu, dia jualan sama anaknya tapi aku nawar ke neneknya. "Halmeoni kaka juseyo" terus ber-aegyo ria pasang senyum termanis, awalnya si halmeoni (nenek dalam bahasa Korea) nggak mau  kasih diskon karena kata dia itu udah murah harganya. Dia ngomong pake bahasa Korea gitu, masih bisa paham lah ya aku mah.

Terus nggak sengaja, aku nginjek kakinya karena lagi sibuk pilih-pilih. Dia terus ngajakin becanda gitu, ngomong pakai bahasa Korea sambil becanda "kamu udah nginjek kaki nenek masih mau minta diskon juga nih?" hahaha.. emang kiyowo (cute/gemesin dala bahasa Korea) banget itu nenek. Aku udah pesimis dong ya karena aku pikir nggak bakal dikasih diskon, tapi pas aku bayar 15.000 Won, duit 5.000 Won ku dibalikin. Jadi aku cuma bayar 10.000 Won. Hohoho.. horeeee :D


Temen ku protes kenapa dia nggak dikasih diskon, tapi aku dikasih diskon. Kata si nenek, karna aku kiyowo katanya, terus dicubit gemes gitu akunya hihihi..

Aku kebetulan beli Honey Citrus Tea juga, harganya 5.000 Won, minta diskon juga sih tapi katanya "murah..murah". Iya ahjussinya bisa ngomong "murah" gitu pakai bahasa Indonesia. Mungkin orang-orang di pasar ini udah sering ketemu sama turis dari Indonesia kali ya jadi udah hafal beberapa kata juga. Nawar nggak bisa kurang karena udah murah katanya, tapi dibonusin seaweed gitu 3 bungkus, lumayan lah ya dapet gratisan.

Waktu nemenin temen beli tas yang ada tulisannya "I ❤ Korea" kebetulan dua temen ku beli banyak, total berdua beli 10 biji, harganya nggak dikasih kurang tapi dikasih satu tas free. Bonusnya disuruh pilih satu tas lagi.

Tips nawar waktu belanja di pasar Korea


1. Cari penjual yang kira-kira ramah.
Aku pernah juga beli ke tempat penjual yang orangnya nggak ramah, dan emang nggak semua orang Korea itu ramah. Jadi biar bisa nawar enak cari penjual yang sekiranya enak diajak senyum juga.

2. SKSD
Sok Kenal Sok Deket disini bukan yang tiba-tiba jadi gimana gitu ya. Tanya aja dulu harganya berapa, terus kamu kesana mau cari apa. Jangan lupa sapa "annyeonghaseyo" terus sebut "ahjussi", "samchon", "immo", "halmeoni", "halabeoji", atau "oppa". Kalau orangnya ramah pasti bakal seneng banget lihat kalian ngomong pakai bahasa Korea dan mereka excited ngajak ngobrol.

Contoh kata dan kalimat buat berbekal belanja di pasar Korea (Namdaemun, Insadong, Dongdaemun dll)

Tawar - menawar
  • Ige eolmayeyo : Ini berapa harganya?
  • Kaka juseyo : Kasih diskon dong
  • Jum kakajusimyon andweyo? : Nggak bisa dikurangi lagi harganya?
  • Sangat mahal : Nomu bissayo
  • Mani sal koyeyo : Saya mau beli banyak
  • Dareun sekkal wonheyo : Punya warna lain?

Harga : Gagyok
  • 1.000 : cheon won
  • 2.000 : i cheon won
  • 3.000 : sam cheon won
  • 4.000 : sa cheon won
  • 5.000 : o cheon  won
  • 6.000 : yuk cheon won
  • 7.000 : chi cheon won
  • 8.000 : phal cheon won
  • 9.000 : gu cheon won
  • 10.000 : man won

Setelah deal harga
  • Ige juseyo : Tolong yang ini
  • Ige hana juseyo : Yang ini satu lagi ya

Kalau ditawarin barang lain, dan kamu nggak minat
  • Igo issoyo : Udah ada atau udah punya
  • Sassoyo : Udah beli
  • Piryo obsoyo : Yang itu nggak usah

Setelah selesai belanja
Mani paseyo : laris ya (doain semoga laris)

Aku nggak banyak foto di Namdaemun karna di sana pas ujan, kamera di tas terus hp juga di kantong. Tangan sibuk bawa barang belanjaan :D

Yang tersisa cuma pouchnya yang lain udah abis, dan baru sempet update. Balada males update blog begini nih. Pokoknya jangan takut nawarlah, harga pasar itu dimana-mana bisa nego asal pinter-pinter aja cari tempat beli. Apalagi kalau belinya banyak. Oia buat tawar menawar ini cuma berlaku di pasar ya, jangan diterapin di mall ya karena harga nggak bakal bisa kurang lagi yang ada malu sendiri :D

Btw, semoga tipsnya sedikit membantu ya. Mohon maaf juga kalau bahasa Koreanya ada yang nggak pas, kurang-kurang dikit nggak papa lah hihih.. Harap maklum.


0 comments:

Posting Komentar