Demi Kamu, Buat Kamu!

By Empie Dubidu - 10:10


Kayaknya masih nggak percaya aja satu wishlist ku kembali berhasil dicoret dari daftar! Sejak terjerat pesona Afgan udah mulai berimajinasi gimana rasanya jadi orang dibelakang layar buat acaranya Afgan, dan akhirnya terwujud!! Bikin acara buat Afgan, iya buat AFGAN! hahaha..


Bingung mau mulai dari mana ceritanya nih. Afgan sama fansnya yang disebut Afganisme itu punya ritual acara tiap anniversary dan biasanya dari pihak manajemen yang ngadain acaranya, tapi tahun ini manajemen bilang kalau nggak ada cara anniversary. Beberapa temen Afganisme yang udah dulu ngobrol sama manajemen Afgan ditantang nih, gimana kalau Afganisme aja yang bikin acaranya. Aku kebetulan udah pernah beberapa kali kontak sama team manajemen Afgan, terus orang manajemen minta aku buat bantu ikut andil ke acara tersebut.

Akhirnya bentuk panitia, 6 orang termasuk aku nyusun proposal buat diajuin ke manajemen. Buat aku pribadi bikin event bukan yang pertama kalinya karena background kerjaan ku juga masih seputar event juga. Yang jadi masalah disini adalah gimana caranya nge-lead beberapa orang yang masih awam buat urusan event, dan gimana caranya ngatur budget yang bisa dibilang mepet banget biar smua hal yang dibutuhkan dan yang diminta sama manajemen bisa terpenuhi.

Proposal masuk ke manajemen nggak langsung oke, karena butuh waktu panjang buat sampai akhirnya dapat respon dari pihak manajemen. Rencana bulan Februari, mundur lagi Maret dan akhirnya dipilih bulan April.

Ada banyak yang mesti disiapin, perjuangan pertama adalah cari tempat yang sesuai dengan budget dan memiliki beberapa fasilitas yang diminta pihak manajemen. Nggak mungkin lah ya kita bikin acara anniversarry 1 Dekade Afgan di tempat yang ala kadarnya. Mulai googling dan cari referensi ada kali 20 tempat makan yang ada di sekitar Jakarta, dengan kriteria indoor, tempat parkir luas, ada private room, muat buat nampung 100 orang dan harga per paxnya masuk budget. Pusing nggak tuh? Sedangkan harga tiket cuma 150 ribu, jadi all budget cuma 15 juta. Harga per pax di kafe seputar Jakarta rata-rata 120-150an. Ada yang sesuai harga tapi nggak ada private room atau tempat parkirnya sempit. Cari tempat aja drama banget cyin! dan akhirnya nemu satu tempat yang sesuai dengan kriteria dan masuk budget yaitu di Paradigma Kafe. Untungnya bisa dinego karena aku bilang "Kita bawa AFGAN lho! Bisa buat bantu promo kafe juga" Akhirnya deal juga dengan beberapa syarat dari mereka buat tukar promo.


Sempet ada sedikit kendala sama orang venue, karena semi outdoor dan kiri kanan kafe tuh kaca dari pihak venue ngeri kaca rontok kalau buat main dengan full band. Pihak manajemen nggak kasih Afgan main akustik dan minta tetep full band. Oke, akhirnya solusi satu-satunya cuma cek venue langsung bareng orang manajemen, dan alhamdulillah bisa nemu jalan keluar bareng orang venue  jadi aman itu kaca nggak rontok dan hal-hal yang ditakutin nggak terjadi.

Drama berlanjut karena venue semi outdoor dan rada terbuka, AC nggak bisa full dinginnya. Jadi H-1 harus nambah misty fan yang sebelumnya nggak ada di anggaran pengeluaran budget. Mesti cari akal lagi buat ngurangin pengeluaran. Pangkas ini itu dan berserah banget pokoknya semoga nggak nombok banyak.

Hari H-pun dateng! Gilingan lah ya jangan tanya capeknya. Pagi udah mesti di venue buat nongkrongin yang loading sound, lanjut instalasi, lanjut lagi loading alat band. Siang alat band ready, lanjut team band dateng buat check sound. Ngurus lunch team lapangan dari Trinity sama team band. Abis itu masih lanjut ngedekor venue. Sore kelar ngedekor, mulai check list persiapan satu-satu ternyata masih ada beberapa tambahan item yang mesti dibeli. Untung banget tempatnya deket kalau mau kemana aja.


Dari rapih sampai kucel, aku bawa baju ganti juga tapi sampai nggak sempet ganti baju. Mandi parfum aja pokoknya. Kalau bisa nangis pengen banget nangis :D
Sampai segininya loh demi AFGAN! Yaaaaa, ternyata SEGINI CINTANYA sama AFGAN! hahaha..

Persiapan acara dengan segala printilannya, konsep acara, seserahan buat acara dan konten acara semuanya diserahin sama panitia. Jadi banyak banget yang mesti dipikirin bahkan hal-hal kecil yang awalnya nggak kepikiran sama sekali tiba-tiba nongol pas hari H dan minta buat dicari solusinya.

Ini adalah hal yang pengen banget aku coret di wishlist dan ternyata emang nggak mudah buat dilakuin hahaha.. butuh perjuangan ternyata.





Cerita tentang keseruan acara aku update di artikel selanjutnya ya :)

A post shared by Novi 🐬 (@empie88) on






  • Share:

You Might Also Like

0 comments