Maret 08, 2017

Empie in Korea Day 3: Korean Palace Tour


Hari ketiga ngebolang di Korea di mulai dengan ngerayain birthday travelmate ku si Tina. Sengaja banget dia emang milih tanggal biar pas bday ada di Korea. Keluar dari hostel jam 09.00 KST dan kita mampir ke Paris Baquette buat beli cake sama sarapan yang posisinya deket stasiun Myeongdong. Pokoknya di Myeongdong itu semua ada. Penjaganya juga oppa ganteng, ramah pula :D

Aku bilang mau minta lilin, terus si oppa bilang "iya ada" terus si oppa nanya lagi, "itu yang duduk kah yang lagi bday?" aihhh ngobrol pake bahasa Korea gitu sama si oppa. Kalau bahasa sehari-sehari mah masih ngertilah, nggak sia-sia melototin drama Korea tiap malam. *praktek langsung sama orang Korea asli hihihi..

Bday girl :)



Rute perjalanan hari ketiga adalah jelajah istana di Korea. Di Korea ada 5 istana peninggalan dinasti Joseon yang terkenal dan menjadi destinasi favorite para tourist, yaitu Gyeongbokgung, Changdeokgung, Changgyeonggung, Deoksugung, dan Gyeonghuigung. 

Karena waktu yang mepet, hari ketiga aku cuma mengunjungi 3 istana saja yaitu Changdeokgung, Deoksugung dan Gyeongbokgung. Buat beberapa drama korea yang berlatar dinasti Joseon sering menggunakan lokasi-lokasi tersebut sebagai tempat syuting. 

Berhubung aku termasuk freak sama drama apalagi tahun kemarin sempat ketar-ketir gundah gulana tak berkesudahan meratapi drama Moonlight Drawn By Clouds, sampai di Korea lihat istana berasa pengen ketemu Seja Joeha Lee Young alias Park Bo Gum. 





Destinasi pertama Changdeokgung Palace.

Changdeokgung Palace beralamat di 99 Yulgok-ro, Waryong-dong, Jongno-gu, Seoul.
Buat menuju ke Changdeokgung Palace melewati 3 stasiun dan 2 kali ganti lines.
1. Dari Stasiun Myeongdong ambil line 4 menuju Chungmuro
2. Dari Stasiun Chungmuro ganti line 3 (warna orange) ke Stasiun Jongno 3(sam)-ga
Selanjutnya dari stasiun Jongno 3(sam)-ga keluar ke exit 6, jalan ke sebelah kiri terus nemu perempatan ambil kiri lagi. Tinggal jalan lurus aja kurang lebih 500 m. 

Bonus nih, di stasiun ketemu sama Dokkaebi Ahjussi :D


Di sepanjang jalan ada banyak tempat penyewaan hanbok. Biasanya sebelum tourist masuk ke Changdeokgung bisa sewa hanbok terlebih dahulu untuk kemudian dipakai berfoto di Changdeokgung. Harga sewanya sekitar 20.000 KRW, tergantung dari model juga harganya. Durasi sewa selama 2 jam. Karena udara kemarin minus, jadi sepertinya melewatkan pakai hanbok. Dingin parah gitu pakai baju tipis gitu bisa-bisa masuk angin :D *tulang orang tua hahaha.



Setelah berjalan kaki cukup lumayan, akhirnya sampai juga di Changdeokgung Palace. 


Buat masuk ke Changdeokgung harus beli tiket dulu tentunya, ada dua opsi tiket nih yaitu keliling Changdeokgung sama paket keliling ke Secret Garden yang ada di dalam Changdeokgung. Kalau buat masuk ke Secret Garden mesti ikut paket tour gitu dan nggak bisa beli kalau nggak dari paket tour. Jadi harus merelakan masuk ke Secret Garden tempat syuting drama Moonlight Drawn By Clouds. Harga tiket masuk Changdeokgung 3.000 KRW , sedang kalau mau masuk Secret Garden harga tiketnya 8.000 KRW.




Changdeokgung awalnya dibangun sebagai villa raja dan keluarga, tempat raja bersantai dan beristirahat dari rutinitas. Selain itu sebagai tempat menjamu tamu kerajaan juga tempat pertemuan.








Destinasi kedua adalah Deoksugung Palace.


Deoksugung Palace terletak di 99 Sejong-daero, Sogong-dong, Jung-gu, Seoul. Selesai jelajah Changdeokgung kita mampir makan dulu, terus lanjut balik ke Stasiun Jongno 3(sam)-ga buat ke Stasiun City Hall.

Dari Stasiun Jongno 39sam)-ga ke Stasiun City Hall ngelewatin 2 satsiun.
1. Dari Stasiun Jongno 3(sam)-ga ambil line 1 (biru tua) ke Stasiun City Hall
2. Dari City Hall jalan ke exit 2 terus jalan kurang lebih 100 m.

Waktu tiba disana banyak banget polisi dan ternyata lagi ada demo di depan Deoksugung Palace. Penting banget buat diinget juga nih, disana banyak banget polisi ganteng berjajar sepanjang jalan. Aiih bikin khilaf banget ngelihat polisi-polisi ganteng beridung prosotan :D
Aku sama geng mutusuin buat nggak masuk ke Deoksugung Palace, jadi cuma lewat depannya karena lagi ramai banget gitu ada orasi demo.






Destinasi ketiga adalah Gyeongbokgung Palace.

Gyeongbokgung Palace beralamat di 161 Sajik-ro, Sejongno, Jongno-gu, Seoul. Dari Deoksugung Palace ambil arah ke kiri lurus terus pokoknya. Sampai nemu lampu merah, masih lurus lagi. Ngelewatin halte Seoul City Tour.  Nah disini ternyata ketemu sama Song Joong Ki yang beralih profesi jadi pilot Jeju Air. Foto dululah ya, nggak ketemu aslinya gambarnya aja :D


Masih jalan lurus lagi, nanti ada patung King Sejong ditengah gitu, dan tinggal nyebrang deh buat ke Gyeongbokgung Palace. Numpang mampir foto sama King Sejong. King Sejong ini adalah Raja keempat dinasti Joseon dan mempunyai peran besar di sejarah Korea karena King Sejong-lah yang menciptakan abjad hangeul. Selain jasa dibidang ilmu pengetahuan, King Sejong juga seorang ahli militer. Makanya, atas jasanya didirikan lah patung King Sejong ini di depan Gyeongbokgung Palace. Kurang lebih begitu :) 



Setelah jalan kaki cukup lama, akhirnya terlihatlah gerbang Gyeongbokgung Palace ^^




Ini adalah Gwanghamun Gate, gerbang menuju Gyeongbogung. Di sini Park Bogum pernah bikin heboh karena ngedance Bombastic dengan pakaian jaman Joseon buat teaser drama Moonlight Drawn by Clouds.





Di Gyeongbokgung Palace terdapat bangunan utama, tempat tahta raja dan juga ada Paviluin Gyeonghoeru sebuah Pavilliun dengan kolam teratai yang indah banget saat musim semi. Kalau masuk kedalam bisa ke National Folk Museum of Korea. Berhubung kemarin sampai sana nggak keburu beli tiket keburu tutup jadi kita nggak masuk. Cuma di halaman depan aja. Huhuhu tempat ini tempat fansign para pemain Moonlight Drawn by Clouds waktu  mereka penuhin janji karena rating mereka lebih dari 20%.






Destinasi keempat Cheonggyecheon  Stream. 

Cheonggyeocheon Stream berada di Cheonggyecheon-ro, Sangwangsimni-dong, Jongno-gu. Bisa ditempuh dengan jalan kaki dari Gyeongbokgung Palace. Sebenarnya waktu  mau ke Gyeongbokgung Palace udah ngelewati tapi disebarang. nah pulang dari Gyeongbokgung bisa langsung menuju kesana deh. Jadi Cheonggyeocheon ini adalah sungai buatan yang dibuat di pusat kota dengan dimulai dari sebuah air terjun buatan juga. Panjang Cheonggyeocheon Stream adalah 5,8 km dan memiliki 22 jembatan yang melintasinya. 


Disana terdapat aliran sungai yang bersih dan cocok buat ngadem waktu musim panas, tapi berhubung kemarin itu dingin banget disana berasa banget tambah dingin karena deket sama air dingin. Di tengan sungai ada sebuah lubang gitu dan orang-orang di Korea percaya kalau kita lempar koin dan koinnya masuk kedalam lubang tersebut maka permohonan mereka akan terkabul. 


Pernah lihat dibeberapa drama tradisi lempar koin di Korea, salah satunya di drama Weightlifting Fairy Kim Bok Joo. Buat yang nonton drama ini pasti hafal banget sama Swag Couple yang suka make a wish abis lempar koin di kolam kampus mereka.



Di Cheonggyecheon ga berlama-lama karena dinginnya beneran bikin nggak nahan, terus kita balik lah ke statiun dan menuju ke daerah Dongdaemun. 


Destinasi kelima Doota Mall

Turun dari stasiun Dongdaemun exit 8/9 jalan lurus ke depan pokonya nyebrang kurang lebih 5 menit jalan kaki bakal nemu Doota Mall. Di depan Doota Mall ada muka Song Joongki segede apaan tahu. Sebelum sampai ke Doota Mall, kita mampir buat isi perut. Beli Odeng, Sosis dan Kentang di ahjumma yang jualan dipinggir jalan. Aku juga nemu ahjussi yang jualan strawberry. Langsung beli lah strawberry lagi. Stawberry kesukaan Daehan, Minguk, Manse :D


Sampai di depan Doota Mall lagi aja booth buat pameran gitu, karena kebetulan disana lagi ada Grand Sale dan di booth ada permainan tradisional Korea yang namanya Tuho. Jadi Tuho itu adalah salah satu permainan tradisional Korea yang cara mainnya dengan melemparkan anak panah ke dalam lubang bambu atau botol. 




Karena anak panahnya bisa masuk aku dapat satu kotak coklat gitu. Lumayan buat isi perut lagi :D
Nggak tahan berlama-lama diluar, kita masuk ke Doota Mall. Katanya sih di Doota Mall ada toko namanya Arirang, dan disananya katanya murah kalau  mau beli oleh-oleh. 

Setelah sampai disana aku nggak beli apa-apa karena menurut ku masih lumayan mahal sih. Aku cuma beli kartu buat oleh-oleh pacar. Berhubung pacar suka koleksi kartu jadi aku beliin kartu aja. Ada banyak kartu, aku bawain kartu gambar Song Joong Ki :D

Sebenernya ada kartu Twice dll, tapi kesenengan dia kalau lihat dede gemesh yang unyu-unyu makanya aku beliin Song Joong Ki aja biar sama-sama senang. Dia dapet oleh-oleh dan aku bisa lihat gambar Song Joong Ki 52 lembar hahaha.. 


Destinasi keenam Dongdaemun Design Plaza.

Dongdaemun Design Plaza berada di 281 Eulji-ro, Gwanghui-dong, Jung-gu, Seoul. DDP terkenal dengan design gedungnya yang mirip UVO dan unik gitu, selain itu ada juga LED Rose Garden. Sedikit nyesel sih disini, karena nggak jalan ke atas buat lihat LED Rose Gardennya. Sumpah, benci banget sama lutut yang kaku sakit banget karena kedinginan. Buat jalan sakit banget, dan sepnajang jalan cuma bisa jalan pelan-pelan dan diseret kakinya. Hikss berharap bisa balik lagi, tapi nggak pas musim dingin biar bisa lebih puas jalannya.

cr. visitkorea

Dan perjalanan hari ketiga berhenti disini :)






10 komentar:

  1. Jadi pingin ke korea ... :( tapi tiud nggak ada :(

    BalasHapus
  2. Semoga kesampaian untuk kesan adeh akunya

    BalasHapus
  3. berkunjung ke negara penuh drama itu kira kira sedrama itu gak sih kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga lah, berasa di drama korea iya :D

      Hapus
  4. Adil mpie, adil banget oleh2 kartunya hahahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hsrus gitu mba.. Demi kebahagian bersama :D

      Hapus
  5. Daaaaan.. aku baru tau kalo istananya ada lima. Kirain itu2 doang yg buat syuting ��
    Hanboknya cantik2 bgt ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba.. dan tempatnya luassss banget. Kalu mau explore smua nggak cukup sehari huhuhu..

      Hapus