November 11, 2016

3 Wisata Alam di Pelabuhan Ratu Sukabumi yang Wajib Kamu Kunjungi


Kegiatan berwisata merupakan kebutuhan bagi setiap manusia. Memang ia dimasukkan dalam kategori kebutuhan tersier yang dimana ketika kamu nggak melakukannya, kamu nggak akan jatuh sakit atau sampai meninggal dunia. Kenyataannya, kamu tetap membutuhkan waktu luang untuk berwisata sehingga jiwa dan raga kamu tetap sehat serta menghilangkan segala penat yang menumpuk dalam keseharian.
Ada banyak pilihan dalam berwisata, mulai dari jalan – jalan ke tempat wisata buatan seperti mall untuk menonton film terbaru di bioskop, berenang di taman air, atau mempelajari sejarah pada sebuah candi atau monumen. Ada juga wisata alam yang menawarkan keindahan alami seperti pantai dengan mataharinya, gunung dengan kegagahannya, atau sekedar menikmati pemandangan di sebuah kebun apel dan belajar bercocok tanam.
Indonesia memiliki banyak wisata alam, tak ada salahnya buat kamu menyempatkan diri untuk berkunjung ke sebuah daerah di Jawa Barat yang memiliki keindahan alam begitu memukau mata. Tempat itu bernama Pelabuhan Ratu. Pelabuhan Ratu adalah sebuah kota yang sekaligus kecamatan, dan terletak di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Apa saja wisata alam yang terdapat di Pelabuhan Ratu? Ini dia 3 wisata alam yang telah aku pilihin buat kamu ketika kamu mengunjungi Pelabuhan Ratu.

1. Pantai Pelabuhan Ratu

 Sumber : bungaayuresort.com

Pantai Pelabuhan Ratu terletak di sebelah barat daya Kabupaten Sukabumi. Pantai yang memiliki pasir coklat ini memiliki ombak yang cukup tinggi sehingga cocok juga buat kamu para peselancar untuk melabuhkan selancar kamu di pantai ini. Selain itu, cuaca di sekitaran pantai tidak terlalu panas sehingga cocok untuk kamu bermain dan bersantai di kawasan Pantai Pelabuhan Ratu.
Pantai yang unik ini merupakan paduan antara pantai landai dengan pantai curam. Pada satu sisi, ia dikelilingi hutan cagar alam yang rimbun. Namun di sisi lain, banyak karang – karang terjal yang selalu mendapat hempasan gelombang ombak yang kuat. Deretan karang dan ombak yang kuat itulah yang menjadi ciri khas Pantai Pelabuhan Ratu.
Keunikan Pantai Pelabuhan Ratu ditambah dengan sebuah mitos yang sering kita kenal sebagai Legenda Nyi Roro Kidul. Buat kamu yang belum tau legenda tentang Nyi Roro Kidul, mitosnya dia adalah seorang penguasa laut selatan dan merupakan seorang ratu dari sebuah kerajaan makhluk halus terbesar se – pantai selatan.
Berkat adanya mitos ini, sebagian masyarakat yang tinggal di sekitar pantai rutin mengadakan ritual setiap bulan april. Proses ritual yang dikenal sebagai hari nelayan ini adalah menyiapkan kepala kerbau sebagai sesaji. Kemudian kepala kerbau ini dihanyutkan ke tengah laut sebagai persembahan. Hal tersebut, menurut masyarakat sekitar, bertujuan untuk menghindari bencana sekaligus menjadi bentuk rasa syukur atas rezeki yang didapat dari laut.
Pantai ini sering disebut sebagai Wijnkoops-Baai pada jaman penjajahan Belanda. Di sekitarnya Terdapat sebuah hotel yang didirikan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1960 bernama Samudra Beach Hotel. Hotel yang pernah menjadi salah satu hotel termewah pada jamannya ini konon dibangun menggunakan dana rampasan perang dari Jepang.
Berbicara tentang hotel, kamu akan membutuhkan hotel untuk dijadikan tempat menginap jika kamu ingin mengunjungi seluruh tempat wisata yang aku rekomendasikan disini. Ini dia beberapa hotel yang yang bisa kamu pesan dengan klik di sini.

2. Goa Lalay

Sumber : initempatwisata.com

Goa lalay adalah sebuah goa yang dihiasi oleh batu – batuan stalagtit dan stalagmit di sekitar dinding dan juga atapnya. Goa yang berlokasi tidak jauh dari bibir Pantai Pelabuhan Ratu ini menawarkan suasana mistis dimana setiap jam 5 sampai dengan 7 malam, jutaan kelelawar yang tinggal di goa ini akan keluar dan terlihat seperti kumpulan ombak yang bergerak ke udara.
Nama Goa Lalay sendiri berasal dari bahasa Sunda yang berarti goa kelelawar. Ketika memasuki goa ini, kamu akan merasakan suasana yang begitu lembab ketika memasuki goa. Beberapa bagian tanah di goa ini pun juga becek sehingga menambah kesan mistis buat kamu yang berkunjung kesini.

3. Pemandian Air Panas Cisolok

Sumber : inisukabumi.com

Tempat Pemandian Air Panas Cisolok masih berada di dekat Pantai Pelabuhan Ratu. Tempat ini menawarkan pengalaman mandi yang unik dikarenakan air panas disini tidak mengandung belerang seperti pemandian air panas kebanyakan. Sumber air panas pada tempat pemandian ini berasal dari geyser yang tersebar di sepanjang aliran air.
Ada tiga titik semburan geyser yang berada di Pemandian Air Panas Cisolok yang masing – masing geysernya menyemburkan air dengan suhu kurang lebih 80 derajat Celcius. Dijamin, badan kamu akan menjadi lebih segar setelah mandi di salah satu titik geyser yang berada di Pemandian Air Panas Cisolok.

Itulah 3 tempat wisata di Pelabuhan Ratu yang menarik untuk dikunjungi, ayo segera berkemas dan berkunjung ke Pelabuhan Ratu!

5 komentar:

  1. yang pernah baru pantai pelabuhan ratu, yg lain belum pernah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapan2 perlu eksplore Sukabumi kalau gitu ya :)

      Hapus
  2. kebetulan nih, aku lagi nyari tempat wisata yang asyik di Sukabumi. beberapa minggu lagi akan bertolak kesana, btw, goa Lalay itu tempatnya dimana ya mbak? makasih loh ini informasinya bermanfaat sekali hehehe. salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mba ^^ senang bisa kasih referensi :)

      Hapus
  3. wahh pemandian air panasnya recomended juga ya..

    BalasHapus