Oktober 03, 2016

Mengejar Sertifikasi Google Adwords


Banyak yang tanya ke aku, "empie kerja dimana?" setelah dijawab pertanyaan selanjutnya adalah "kerjaannya ngapain aja?" Hmm.. aku jarang banget bahas kerjaan di sosmed, jarang sebut tentang kerjaan juga di blog. Jadi ceritanya mau curhat nih tentang kerjaan.

Buat yang penasaran pengen tahu aku kerja dimana dan kerjaannya ngapain, aku tuh salah satu staff dari salah satu Bank Swasta di Jakarta. Dengan posisi jabatan terakhir sekarang sebagai seorang Digital Marketing. 

Nah part of kerjaan ku tuh semua yang berhubungan sama promosi online dan jualan produk secara online via Google Adwords (Search Network dan Display Network), Facebook Ads, Twitter Ads. Berhubungan sama Affiliate Marketing dan media online juga. Tapi buat yang pengen tahu lebih jauh dapur kerjaan ku. Aku mau cerita tentang satu goals baru yang pengen aku raih buat karir aku ke depan nih. Yang menurut aku akan berguna buat aku kelak walaupun udah bukan karyawan lagi. Karna penggunaan internet yang terus berkembang dan kecanggihan media digital yang menurut aku makin seru buat terus di explore.

Aku pernah diskusi sama pacar kelak kalau udah nikah dan punya anak, aku diminta buat mengalah dan meninggalkan karir sebagai seorang karyawan beralih jadi ibu rumah tangga. Sampai sekarang sih sebenarnya akupun masih galau ceritanya. Apa iya aku bisa melepas aktifitas pagi sampai sore di luar rumah, ketemu banyak orang, dan bersosialita ria?

Tapi disini lain, apabila memang dia bisa mencukupi kebutuhan ku dan kebutuhan keluarga kita nanti kenapa mesti capek-capek kerja juga akunya? Dua pemikiran itu yang bikin aku sampai sekarang masih galau :D

Sampai akhirnya aku berpikir bahwa pekerjaan kan nggak harus kerja duduk 9 jam dikantor. Nggak harus absen jam 08.00 pagi dan jam 17.00 sore. Aku memutuskan buat menggeluti lebih dalam lagi tentang pekerjaan yang aku kerjakan sekarang, dan berharap suatu hari nanti bisa jadi sebuah profesi.

Gimana bisa jadi profesi?
Jawabannya harus diakui bahwa memang aku berkompeten dan tentu saja secarik pengakuan resmi dari Google. Dimana-dimana secarik pengakuan itu bisa jadi sebuah bukti sah.

Nah dalam rangka mengejar pengakuan dari Google ceritanya aku kemarin ikutan training yang memang aku ikutin dari kantor. Tahun ini masih punya budget training dan akhirnya mengajukan buat ikutan training untuk sertifikasi Google.

Training dilakukan selama dua hari, dan selama dua hari itu belajar tentang Google Adwords karena sertifikasi yang mau diambil adalah sertifikasi Google Adwords. Setelah belajar ini itu, akhirnya hari kedua selama 120 menit diwajibkan mengikuti ujian Google Adwords Fundamental.
Buat dapat sertifikasi dari Google harus mnegikuti dua tes terlebih dahulu dan itupun sertifikasi hanya berlaku 1 tahun. Setelah 1 tahun harus mengikuti ujian kembali.

Ujian Google Adworda Fundamental ternyata nggak gampang, walaupun pilihan ganda ternyata cukup menguras pikiran. Banyak dibingungkan dengan logika optimasi dengan berbagai macam kasus.

Buat bisa menjadi seorang SEM Specialist Pe-eR yang paling berat adalah optimasinya. Bagaimana caranya mendapatkan hasil yang sesuai dengan target dan tanpa perlu membuang-buang budget berlebih.

Satu sesi training kemarin ada 12 orang, dan ternyata yang lulus cuma satu orang *Hikssss sedih..
Passing grade untuk ujian Google Adwords Fundamental adalah 80, dan aku cuma dapet nilai 71. Kata trainernya sih, kalau baru pertama kali ujian emang susah lulus. Tainernya curhat katanya dulu pertama coba dia juga nggak lulus, itupun dia mesti bayar kalau sekarang ujian Google free bisa diakses di Google Partners.

Sekali gagal ujian nggak langsung di tutup akses sih ujiannya karena masih bisa ngulang 7 hari kedepan. Kalau masih penasaran buat aja akun gmail lagi dan ikutan ujian lagi sampai lulus :D

Akhirnya setelah dicoba lagi, akupun lulus *.*



Untuk bisa mendapatkan Google Adwords Certified harus mengikuti satu tes lagi sub materi yang lebih sepesifik. Pilihannya ada Search Advertising, Display Advertising, Video Advertising, Shopping Advertising, dan Mobile Advertising. 


Aku sepertinya tertarik sama Search Advertising, dan pengen lanjut belajar buat next exam. Materi akan lebih ribet dan lebih membingungkan karena akan banyak lebih konsen ke optimize, tehnik dan isi dashbord.

Aku selalu punya prinsip kalau "Nggak ada kata cukup buat terus belajar" ini semakin merasa tertantang. Bukan buat orang lain tapi tantangan buat diri sendiri kalau setiap proses yang aku jalani itu harus bikin aku satu langkah lebih maju lagi :)

Jadi perempuan bukan cuma di dapur kok tempatnya, dan mungkin setelah bukan jadi seorang karyawan pun aku pengen tetep punya value lebih ^^

Semangatttttttttttttt.. Hwating!! \(^.^)/


13 komentar:

  1. Semangaaat..

    Aku ga usah ambil sertifikasi sekarang ah, kamu aja dulu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hohoho ambil jg donkkkkk.. biar tambah oke :D

      Hapus
  2. Pepetin Mpieee buat nyulik rempelan elmu, rempelannta aja Mpieee hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok rempelannya sih mba :D
      Aku mah dengan senang hati bagi-bagi ilmu ^^

      Hapus
    2. ngikutin mak Icoel juga pepetin Mpie biar dapet bocoran ilmunya hahaha...

      Hapus
  3. Bukan guru aja yang ada sertifikasi? Btw, sy baru tahu ada beginian. Fungsinya apa ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama seperti guru tp kalau ini untuk profesi sebagai spesialist untuk produk ads google mba :)

      Hapus
  4. jadi penasaran, bocoran biar lulus gmn mbak? dan makin kompeten as digital marketing ya kl udh certified?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, nanti ada keterangan certifiednya di profile google partnernya ^^ bocorannya jangan ambil pakai bhs Indonesia krn tambah bingung, ambil yg bahasa Inggris aja. Aku tes pertama gagal krn pake bahasa Indonesia soalnya :D

      Hapus
  5. Duh, ternyata Mpie udah mikir jauh ke depan yaaaah, keren lah!

    Semangat terus yah Mpie semoga nanti bisa tetap seimbang antara ngurus keluarga dan ngurus kerjaan di rumah juga yaaaah :)

    Oh iya, sama ngedrama juga hahaha...
    *penting*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh.. kan masih galau mba ceritanya :D jadi prepare dulu sm tahu memang bakal jadi bu RT sepenuhnya. Semangat juga teteh ^^

      Hapus
  6. Kalau saya baru punya sertifikat dari Facebook. Tahun ini insya Allah target sertifikat Google Adwords :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow keren :D hihihihi.. semangattt ^^

      Hapus