Juli 27, 2016

Bekal Sarapan Praktis : Rice Ball Isi Abon ala Empie


Tadi pagi ceritanya iseng bikin rice ball karena masih ada seaweed mama
suka satu bungkus. Nyiapinya beneran pagi sebelum berangkat kantor karena mau di bawa buat bekal sarapan di kantor. Ternyata praktis, nggak makan waktu lama dan yang pasti enak juga :)

Kalau pagi-pagi biasanya kan keburu-keburu gitu ya, jadi aku kalau bosen sama menu sarapan kantor biasanya iseng bawa bekal sarapan yang ala kadarnya. Kadang bikin sandwich, kadang roti pake selai aja. Nah kali ini aku bikin rice ball :)

Aku tahu rice ball ini sebenernya gara-gara drama korea, udah lama pengen bikin tapi baru sekarang bisa beneran bikin. Rice ball di Korea biasanya jadi menu andalan kalau buat bekal sarapan atau bekal piknik. Rice ball sendiri bisa dikombinasi dengan berbagai macam lauk. Jadi bisa lebih bervariasi dan nggak bikin bosen. 


Nah berhubung judulnya adalah rice ball isi abon ala Empie, jadi dengan bahan ala kadarnya dan yang tersisa aja di kulkas. Harap maklum, tapi dijamin enak kok :)

Bahan-bahan untuk membuat rice ball :
- Nasi (satu centong penuh)
- Seaweed Mama Suka (1 bungkus)
- Abon sapi
- Telur
- Minyak Goreng
- Garam

Cara membuat rice ball :
- Tuang nasi ke piring, kemudian remas seaweed hingga hancur dan campurkan dengan nasi. Inget ya, nasinya jangan terlalu keras, dibuat rada lembek aja.
- Setelah tercampur, buat bulat menggunakan tangan. Kalau nggak yakin tangan kamu higienis pakai sarung tangan plastik. Biar nasinya nggak lengket, olesi tangan dengan sedikit minyak. Sedikit aja ya, jangan banyak-banyak karena kalau banyak-banyak nasinya jadi berminyak juga nanti.
- Setelah dibuat bulat-bulat, kemudian pipihkan dan taruh abon secukupnya dibagian tengah baru kemudian bulatkan lagi.
- Aku nggak pakai bumbum atau yang lain di nasinya karena seaweed mama suka udah ada rasanya, jadi kena nasi aja udah enak sebenarnya.
- Setelah bulat-bulat rapih, tinggal masukin ketempat makan deh :)
- Buat pelengkapnya buat dadar gulung, bisa di tambahkan dengan lauk yang lain juga sih sebenernya tapi kerena di kulkas cuma ada telur jadi ya bikin dadar telur akunya :)

Oia, aku nggak sempet buat foto bahan sama cara membuatnya karena pagi-pagi jadi buru-buru. Tapi semoga gerti ya, karena gampang kok ^^










3 komentar:

  1. nampaknya enak ya buat bekal, ih makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat mencoba kalau gitu :)
      hihih praktis buat bekal.. nggak butuh waktu banyak juga buat nyiapinnya.

      Hapus
  2. pas banget ya kalau buat bekal, apalagi kalau yang sudah punya anak bisa bikin rice ball ala-ala buat bekal makan anak biar gak bosen..

    BalasHapus