Februari 18, 2016

Buku Mewarnai Dewasa Ternyata Bisa Hilangkan Stres


Selama ini buku mewarnai mungkin lebih identik dengan anak-anak. Tapi nggak ada salahnya bukan kalau orang dewasa juga ingin mewarnai? Tapi tentunya nggak pakai buku mewarnai anak yang bergambar berbagai karakter kartun. Saat ini tersedia coloring book for adults atau buku gambar untuk dewasa. Di mana gambar-gambar atau ilustrasi yang ada di dalam buku tersebut bukanlah tokoh-tokoh kartun. Melainkan gambar yang dibuat oleh para ilustrator ternama.

Buat kamu yang merasa nggak punya bakat mewarnai gambar, jangan khawatir. Pasalnya buku mewarnai untuk dewasa ini juga bisa melatih kreativitas kamu. Coloring book for adults ini mempunyai gambar yang rumit sehingga sulit untuk diwarnai. Tapi tahukah kamu kalau kegiatan mewarnai ini bisa membantu menghilangkan stres?
Nah, itu dia yang membuat kegiatan mewarnai untuk dewasa jadi populer beberapa waktu belakangan ini.

Mungkin agak aneh bagi orang dewasa saat harus memegang pensil warna dan mulai mewarnai seperti anak-anak TK atau SD. Tapi nggak ada salahnya untuk dicoba ketika kamu punya waktu luang. Rasakan sensasinya, karena mewarnai bisa membuat pikiran lebih fresh serta merangsang daya imajinasi kamu. Siapa tahu keesokan harinya kamu punya ide untuk melakukan hal-hal kreatif dalam pekerjaan kamu juga :D

Bukan cuma di Indonesia, tapi ternyata di Amerika Serikat, kegiatan ini udah terbukti bisa mengubah pola hidup seseorang. Bahkan nggak jarang ditemukan orang-orang yang asyik mewarnai saat sedang duduk-duduk santai di sebuah kafe. Seorang art therapist sekaligus instruktir dari NYU Steinhardt School bernama Drena Fagen juga telah mencoba menggunakan coloring book for adults dalam sesi terapi.

Menurut Fagen, sebuah hal kreatif termasuk mewarnai bisa membuat seseorang menemukan suatu hal tentang dirinya sendiri. Saat mewarnai seseorang juga lebih bisa punya kesempatan untuk melakukan hal sesuai dengan pemikiran sendiri tanpa harus dikritik oleh orang lain. Fagen menyimpulkan bahwa hal tersebut adalah hal yang positif. Jadi nggak heran banyak orang yang merasa lebih baik setelah melakukan kegiatan mewarnai.

Pendapat lain muncul dari Mark Robert Waldman yang menyebutkan bahwa kegiatan mewarnai untuk orang dewasa bisa diibaratkan seperti meditasi aktif. Dengan kata lain, perhatian difokuskan ke sebuah pekerjaan yang mudah serta memerlukan kegiatan yang berulang. Saat sedang berkonsentrasi mewarnai, akan timbul rasa damai dalam jiwa dan pikiran. Nah, sekarang kamu bisa mencoba sendiri di rumah. Pergilah ke toko buku atau ke toko-toko online dan beli satu set coloring book for adults :)


1 komentar: