Januari 29, 2016

Pengalaman Pertama Pasang Wallpaper Sendiri


Jadi awal ceritanya abis sakit, tepatnya masih proses pemulihan sih. Dari hasil rontgen ada bercak di paru-paru. Ada infeksi dan peradangan, yang bikin aku jadi batuk lebih dari 1 bulan, sesak napas dan napas ku jadi bunyi ngik ngik. Sebelumnya aku belum pernah sakit model begini. Sekalinya batuk pun sembuh dengan obat batuk biasa. Nggak pernah yang sampai lama, dan bahkan sampai sesak napas plus bunyi ngik-ngik juga.

Kata dokter aku kena asma juga. Ditanya apa di keluarga ada yang punya asma, dan emang bener. Adek ku punya asma, dan ada keturunan asma di keluarga. Rasanya dada tuh sesak banget kayak dadanya ditiban beban 5 kilo gitu. Berat banget buat napas, dan sekalinya napas ga lebih dari hitungan 3 detik. Nggak bisa tarik napas panjang, kalau tarik napas panjang langsung batuk-batuk.

Rata-rata kalau sakit berhubungan sama paru-paru pasti ditanya "apakah merokok?" atau "dilingkungannya ada perokok berat?". Aku tuh jelas nggak ngerokok, kalau dilingkungan kantor juga nggak ada yang ngerokok. Paling cuma pacar aja yang ngerokok.

Aku emang puya kebiasaan tidur yang nggak sehat sih, salah satunya tidur nempel-nempel ke tembok. Kalau lagi gerah, kadang turun dari kasur milih buat guling-gulingan di ubin karena dingin. Nggak sadar kalau kebiasaan tidur yang jelek ini bisa bikin aku sakit sampai parah gini.

Tembok itu kan nggak tentu bersih, apalagi kalau musim ujan pasti tembok lembab bisa tumbuh jamur, ada bakteri dll. Nah apalagi di kost aku tuh termasuk orang yang ga bisa rapih dan terlalu cuek sama hal-hal macem kayak gitu. Dan salah satu faktor kenapa bisa ada infeksi dan peradangan itu ya karena hidup nggak sehat. 

Kata dokter kemana-mana mesti pakai masker aku, biar nggak kena asap. Terus mesti hidup sehat juga. Nah buat antisipasi biar ga ada jamur atau bakteri yang kehirup kalau tidur nempel-nempel tembok, aku pasang wallpaper di kamar kost.

Kemarin beli wallpaper dinding 45cm x 5 meter, beli 3 gulung buat lapis setengah tembok kamar. Ternyata pasangnya butuh perjungan ya :D

Aku pasang sendiri dari abis maghrib sampai 20.30 baru kelar, dan itu pasangnya sampai keringatan. Harusnya sih pasangnya ada temennya, jadi ada yang pegangin biar lebih rapi. Tapi berhubung aku pasang sendiri jadi ya sedikit pakai emosi :D

Wallpaper sekarangkan lebih praktis karena ada yang udah pakai lem, jadi tinggal tempel. Selain itu juga banyak di jual online jadi nggak susah carinya. Motifnya juga beragam, bisa disesuaikan dengan selera aja. Aku kemarin pilih motif bunga pink gitu. Harga buat ukuran 45cm x 5 meter Rp. 55.000,-



Cara pasang wallpaper sendiri :
1. Ukur dulu lebar dan panjangnya, terus potong deh wallpapernya. 
2. Buka wallpaper dari perekatnya sedikit demi sedikit biar nggak enmpel dimana-dimana
3. Tempel wallpaper sedikit demi sedikit sambi diratakan. Mesti hati-hati agar nggak ada yang menggelembung. Untuk meratakan gunakan penggaris tarik lurus aja.
4. Setelah bagian pertama ditempel, perhatikan motif dari wallpaper agar motfinya sesuai dan nggak kebalik-balik. 
5. Ulangi deh sampai smua bagian rata terpasang.

Aku sedikit lupa di point 4, baru sadar setelah wallpaper terpasang. Ternyata motifnya terbalik-balik, tapi berhubung motif bunga gitu jadi nggak terlalu kelihatan kalau berantakan :D

Kalau pertama kali pasang inget ya, mesti ada temen, jadi ada dua orang. Biar ada yang pasang dan pegangan bagian belakangnya. Kendala kalau sendirian dan baru pertama kali pasang tuh, kalau dibenerin yang ujung ternyata bagian belakang kelipet-lipet pokoknya sedikit penuh kesabaran kerana wallpapernya udah ada lemnya. Kalu terlalu sering di tarik dan pasang lagi takut lemnya udah nggak nempel lagi. Jadi mesti hati-hati :)

Selamat mencoba ya ^^


26 komentar:

  1. Oke baiklah, makasih ya mbak^^

    BalasHapus
  2. Aih.. kamarnya jadi keliatan manis dan rapi ya, Ka? Aku kurang rajin kalau masalah ginian, hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh nok, jadi lebih rapi hahah.. itu yg keliatan sebelah kasur aja. sebelahnya lagi mah tetep berantakan :D

      Hapus
  3. Gue juga punya penyakit asma dan itu turun menurun dari keluarga. Gue kadang menderita banget ketika asma, kayak hidup di planet dengan 10% oksigen.

    Ngomong-ngomong kamarnya lucu juga. Jadi, pengen ikutan pasang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benerrrr bgt mau napas aja susah banget kayak jatah oksigennya dibatasin.. kita sama kalau gitu. Heheh pasang juga donkkk biar kece :D asal jgn yg motif bunga2 aja hahaha

      Hapus
  4. waah..pinky wallpapernya, cantik seperti yg mpunya blognya.
    iya gampang2 susah ya pasang wall paper niy, keren lah. Harusnya bisa kerjain tuh pacarnya empii, plus dilarang merokok hihiii.

    Moga cepet sembuh ya asma nya, minimal nempel2 ke tembok sekarang jadi enak ya mpiee

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh mba ^^ iya nih sekarang nempel2 tembok aman deh hihihi.. si pacar sekarang di batasin jg ngerokoknya.

      Hapus
  5. Jadi lebih ceria ya Mak.. :)
    Apalagi yg lagi in sekarang yg motif shabby chic gitu..cakeeep

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, jadi lebih keliatan bersih juga sih :P hihih..

      Hapus
  6. Aduh mba, sayang sekali.. Saran ku lebih baik cari pasangan yang baik dengan kita, artinya tidak merokok apa lagi minum minuman. Mba juga nanti yang akan sakit. Duh, aku ngenes ya baca postingan nya.. Tapi semangat ya mba, wallpaper nya rapih.. Aku jadi ingin pasang juga

    BalasHapus
  7. tapi katanya tembok harus rata ya? nggak boleh ada benjolan sama sekali..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tembok ku ada benjolannya mba.. hehhe aku tutup aja. Masih bisa kok :)

      Hapus
  8. Kamar emang bisa jd keren kalau pakai wallpaper ya mak empie :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, heheh puas sama hasilnya juga. Jadi ga sia2 juga belinya ^^ hihihi..

      Hapus
  9. Kaka tazkia jg asma nih mba :(
    Kasian kalo dia sdg kumat... tersiksa, empie smg lekas pulih jg yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun.. sama ya berarti. Beneran serba salah kalau lagi kambuh. Aku aja kl lagi nyesek beneran ampun2 :( Aku udah berhenti minum obat alhamdulilah mba, semoga ga kambuh lagi..

      Hapus
  10. Nah, gitu kan lebih nyaman keliatannya.. Lebih terang juga kamarnya :)

    BalasHapus
  11. kak, mau rekomendasi tempat belinya dong :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. AKu belinya di tokopedia heheh.. ada banyak pilihan disana :)

      Hapus
  12. wuaahhhh aku mah mnding bayar orang dr tokonya utk masangin mba :D.. biar dijamin rapi, ga yakin bgt kalo aku sndiri yg masang bisa rapi nempelnya -_-

    tp masang wall paper itu jg hrs dilihat apa tembok kita lembab ato ga.., krn kalo lembab, nth krn ac ato apapun, secanggih apapun itu wallpaper pasti bakal mengelupas lemnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh anak kost irit saiii :D jadi aku pasang sendiri.

      Hapus
  13. cantik neh wallpaper dinding yang dipakai, kayak yang punya :D met kenal ya sis :)

    BalasHapus

  14. Wallpaprnya bahanny dari apa kakak?

    BalasHapus