November 17, 2015

Pilihan Menu Makanan Sehat untuk Vegetarian


Banyak orang rela menjadi vegetarian demi menjaga pola hidup yang sehat. Namun terkadang vegetarian dianggap aneh oleh orang-orang. Bahkan terkadang dinilai sebagai penyimpangan gaya hidup. Padahal sebenarnya ga kayak gitu, karena tujuan menjadi vegetarian adalah supaya pola makan bisa lebih terkontrol dan kehidupan akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari risiko berbagai penyakit. Gimana? Kamu tertarik buat jadi seorang vegetarian? Coba konsumsi secara rutin deh beberapa pilihan menu sehat makanan vegetarian berikut ini.



1. Sayuran
Sayuran mungkin menjadi hal pertama yang terpintas di benak sebagian besar orang ketika mendengar kata vegetarian. Ga bisa dipungkirin bahwa vegetarian memang diwajibkan mengkonsumsi sayur. Pasalnya mengonsumsi sayuran ternyata lebih menyehatkan ketimbang daging. Ga kalah dengan daging, sayuran juga mengandung banyak protein, vitamin dan berbagai zat yang dibutuhkan tubuh. Jangan anggap vegetarian aneh karena sangat suka makan sayuran ketika orang lain justru menghindari makan sayur. Mengonsumsi sayuran organik bisa menyehatkan tubuh dan mengurangi risiko terhadap berbagai penyakit. Bahkan kamu yang obesitas pun sebenarnya disarankan untuk menjadi vegetarian. Meskipun pada awalnya ga terbiasa, namun lama kelamaan pola hidup vegetarian akan mengantarkan kamu ke jenjang hidup yang lebih sehat.

2. Buah
Makanan vegetarian berikutnya yang wajib dikonsumsi adalah buah-buahan. Buah merupakan sumber vitamin yang alami. Jadi ketimbang kamu mengonsumsi vitamin dalam bentuk pil atau apapun, sebaiknya perbanyak konsumsi buah-buahan segar. Seorang vegetarian memang menghindari konsumsi daging atau makanan yang berlemak dan berkalori tinggi. Oleh karena itu dengan mengonsumsi buah, kamu bisa menggantikan kebutuhan zat-zat yang seharusnya didapatkan dari daging. Untuk menjadi vegetarian, kamu dianjurkan untuk banyak mengonsumsi buah apel, alpukat, mangga, jeruk, dan sebagainya.

3. Kacang-Kacangan
Sebagian besar jenis kacang-kacangan memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Bahkan para ahli pun mengakui bahwa kacang-kacangan merupakan sumber terbaik untuk mendapatkan protein. Itu dia mengapa para vegetarian sangat suka mengonsumsi kacang-kacangan. Dengan demikian, asupan protein ga hanya bisa didapatkan dari daging, tapi juga bisa diganti dengan mengonsumsi kacang-kacangan.
Itu dia tiga jenis menu vegetarian utama yang wajib dikonsumsi supaya bisa terbiasa dengan pola hidup sehat.

Namun untuk mengatasi kejenuhan atau kebosanan pada menu makanan yang kamu konsumsi, saat ini sudah banyak tersedia makanan khusus vegetarian yang dijual di toko-toko. Ga hanya berupa sayuran, buah atau kacang-kacangan saja. Bahkan saat ini ada sate vegetarian yang dijual dengan harga terjangkau. Nikmat banget kan? Jadi jangan ragu lagi untuk mencoba menjadi seorang vegetarian dan hidup sehat tentunya :)


1 komentar:

  1. banyak banget ya pilihan menu buat vegetarian tapi kalau aku sih apa aja di makan.. hehe

    BalasHapus