September 18, 2015

Resep Spaghetti Prawns Spicy ala empie


Resep kali ini terinpirasi dari sang chef ganteng di drama Oh My Ghost ^^
Selain suka sama drama dan pemainnya, aku juga jadi tertarik pengen coba bikin spaghetti ala chef gitu ceritanya. Karena gebetan ku sekarang stylenya ala-ala chef gitu, jadi bawaanya pengen nongkrong di dapur aja :D

Cara membuat spaghetti sebenarnya ga terlalu sulit karena, sekarang udah banyak saus spaghetti atau saus pasta yang udah dalam kemasan. Aku tuh entah kenapa rata kurang sreg kalau smua serba bahan instan, jadi kemarin mutusin buat bikin saus sendiri.

Rencana awal mau bikin spaghetti prawns tomato, tapi ternyata tomat di kulkas tinggal setengah ga mungkin buat bikin saus juga. Kalau mau buat saus tomat harus banyak tomatnya selain itu tomatnya juga harus yang merah. Berbelok dari rencana awal, akhirnya mutusin buat bikin spaghetti prawns spicy. Aku suka pedes, dan masih punya bon cabe juga.

Mari masak Spaghetti Prawns Spicy ala empie :) 

Resep spaghetti prawns spicy.
Siapin bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu :


1. La Fonte Spaghetti
2. Bon Cabe
3. Saos sambal
4. Udang
5. Jamur merang
6. Jamur kuping
7. Tomat
8. Daun bawang
9. Bawang merah
10. Bawang putih (kalau ada bawang bombay lebih bagus)
11. Cabai
12. Minyak
13. Garam & gula secukupnya

Cara membuat sphagetti prawns spicy :

1. Cuci bersih bahan2 yang akan di masak.
2. Panaskan air, setelah mendidih rebus spaghetti hingga matang.
3. Buat sausnya, tumis bawang merah, bawang putih, cabai. Setelah wangi masukin udangnya. Kalau udang udah mateng baru masukin saus sambalnya sesuai selera dan beri sedikit air. Saos sambal cepat gosong kalau ditumis, jadi masukin saos sambalnya belakangan.
4. Setelah udang dan saus mulai matang masukin tomat yang udah di cincang halus, masak sebentar.
5. Terakhir masukin spaghetti yang tadi sudah matang, dan aduk hingga saus merata.
6. Tinggal di sajikan deh di piring makan yang ceper, taburi bon cabe dan daun bawang diatasnya.

Sedikit tips saat merebus spaghetti :

1. Masukin spaghetti yang akan di rebus ke dalam air yang sudah mendidih. Jadi diamkan terlebih dahulu hingga airnya mendidih, baru masukin spaghettinya. Penting banget di lakuin biar proses matangnya lebih cepat, dan spaghetti ga lengket nempel satu sama lain.

2. Pastikan tingkat kematangannya tepat, jangan sampai over cooked karena spaghetti atau pastanya nanti bakal jadi lembek. Rasanya juga jadi kurang enak pasti. Gimana cara tau spaghettinya sudah matang? kalau aku nonton dari tipsnya Khunnie sama Taecyeon, caranya ambil sedikit dan lempar ke tembok kramik/kaca. Kalau udah nempel dan ga jatuh berarti udah mateng.
Aku buktiin beberapa kali, dan bener lho :D

spaghetti nempel di tembok dapur :D
Ga susah kan? hmmm dari pada saus instan rasanya lebih enak kalau bikin saus sendiri. Boleh di cobain  :)






4 komentar:

  1. Astagaaaa... Itu tips absurd nya Khunnie sama Taecyeon dipraktekin juga?? Ckckck... Tapi ngiler beneran liat spaghetti udangnya ihh... :G

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh itu tipsnya ala Taecyeon sam Khunnie ampuh mba :D wkwkwk.. cobain lah mb bikin nanti tulis2 resep ala utie gitu ^^

      Hapus
  2. Keliatannya enak bangeeet. Tapi kalau nggak pedes rasanya tetep enak kan XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selera kok kalau masalah pedes karna akunya doyan pedes heheh.. bisa dikurangin cabenya kalau ga suka pedes sai ^^

      Hapus