September 29, 2015

Kecenderungan Belanja Online Shop di Instagram


Sekarang ini tuh Instagram udah menjelma jadi salah satu media sosial yang paling banyak digandrungi oleh semua kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, semua memiliki akun Instagram. Nah, kepopuleran media sosial yang menonjolkan fitur foto dan video ini juga memicu ketertarikan banyak online shop untuk membuka toko di Instagram. Instagram menjadi salah satu media yang sedang digemari para pelaku bisnis online untuk berjualan.


Aku termasuk salah satu orang yang sering banget belanja barang melalui online shop di Instagram. Selain praktis, bisa membandingkan harga juga lebih mudah. Tinggal search pakai hastag tertentu untuk barang yang dicari dan akan ada banyak banget yang nongol. Penting banget membandingkan harga lho biar ga kemahalan atau paling ga kita bisa tau kisaran harga standartnya dari masing-masing penjual.

Kecenderungan cewek yang suka banget laper mata kadang bikin aku jadi suka gatel buat ngefollow akun-akun yang menjajakan dagangannya dengan manis di Instagram. Nah yang mau aku bahas sekarang, faktor apa aja sih yang bikin akun Instagram online shop itu menarik buat di follow dan di kepoin buat selanjutnya di lanjutin membeli.

1. Akun terpercaya
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah cek apakah akun tersebut terpercaya. Aku biasanya sebelum memutuskan beli cek dulu komentar yang ada di tiap foto akun tersebut. Biasanya kalau akunnya ramai dan komennya positif atau banyak testimoni yang bagus, aku anggap akun tersebut bisa lah ya dipercaya. Logikanya kan kalau ga ada yang komen berarti yang beli jarang, dan kita masih meraba-raba apakah akun tersebut dapat dipercaya. Biar ga menyesal kemudian, berhati-hati sebelum membeli boleh donk ya.

2. Kontak lengkap
Ada beberapa akun Instagram, yang hanya mencantumkan no telp saja. Biasanya aku lebih suka mampir ke akun online shop di Instagram yang mencantumkan kontak yang bisa dihubungi secara lengkap. Mulai dari bbm, line, no telp, email, kalau website/blognya lebih bagus. Kontak lengkap dan jelas itu penting. Biasanya ada juga yang menambahkan informasi penting lainnya di bio.

3. Foto produk menarik
Foto juga menjadi hal yang penting nih. Rata-rata barang yang di foto dengan ditata sedemikian uniknya dengan berbagai asesoris dan properti pelengkap itu lebih menarik. Walaupun ga beli, tapi sering langsung follow karena foto produk yang ditawarkan ditampilkan dengan design foto yang menarik. Sekarang bahkan udah banyak yang punya studio mini untuk khusus barang dagangannya. Mulai dari asesoris, alas foto, dan miniatur-miniatur yang lucu.

4. Harga jelas
Aku pribadi paling ga suka kalau ada online shop yang jual barang tapi ga mencantumkan harganya dengan jelas. Langsung jadi males duluan, karena harus catet kontaknya dulu terus tanya harganya berapa. Lebih enak kalau udah tertera dengan jelas untuk harganya.

3. Caption foto
Ada beberapa keterangan yang wajib ada di bagian caption. Mulai dari kode atau nama produk, pilihan produk dan detail produk. Jadi bisa langsung bisa mutusin buat beli atau ga saat itu juga, ga perlu tanya-tanya lagi.

Sekian sharing dari aku, sekali lagi berhati-hat sebelum membeli itu penting ya.
Aku sih pernah sekali ga sesuai sama ekspektasi ketika beli online, lebih tepatnya sih ukurannya yang lebih gede. Kalau kata temen-temen aku sih, bukan salah barangnya tapi salah akunya yang kekecilan jadi ukuran yang paling kecilpun masih kegedean :D



This entry was posted in

3 komentar:

  1. Instagram emang oke aplikasinya buat yg bisnis olshop. Sepupu aku tiap bulan bisa dapet sekitar 5 jutaan mpie, padahal dia cuma jadi pihak ketiga ngejual akun instagram orang yg minta tolongin buat dijual. Pernah dapet sekitar 10 jutaan sampe ditawarin kerja sama orang yg ngebeli akun ig itu. Dia punya olshop juga tp penghasilannya lebih besar jd calo ig dibanding jualan di o, shopnya hihihi.

    BalasHapus
  2. Tapi sekarang udah agak sepi buat jualan instagram kayaknya yg ngetrend malah facebook fanpage www.nadifolaf.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Aku juga lagi nge-draft tentang shopping di Instagram, tapi blom kelar-kelar, Mpie. Biasa deh, selalu terganggu dengan prioritas lain (baca: drakoring) xD

    BalasHapus