September 23, 2015

Cara Alternatif Relaksasi Diri dengan Aromatherapy



Pekerjaan yang padat pasti akan membuat pikiran keruh, stres dan lelah. Nah, relaksasi tubuh dan pikiran sangat penting dilakukan buat kamu yang memiliki pekerjaan padat. Hal ini bisa kamu lakuin dengan berbagai macam cara. Misalnya mulai dari mendengarkan musik, berjalan-jalan, mengobrol dengan orang-orang terdekat, dan sebagainya. Nah, kamu juga bisa melakukan refreshing atau relaksasi dengan cara yang unik, yakni menggunakan aromatherapy.


Pernah ga kamu mencoba menggunakan aromaherapy untuk merelaksasikan pikiran kamu? Aromatherapy ga cuma bisa mengeluarkan aroma harum aja, tapi ternyata juga bisa merelaksasi pikiran. Kamu bisa memilih berbagai varian aromatherapy, seperti wangi lavender, green tea, dan masih banyak lagi aroma lainnya yang bisa membantu kamu merasa lebih relaks.

Selain itu bentuk aromatherapy juga beragam, mulai dalam bentuk minyak esensial, lilin dan berbentuk stik atau dupa. Menghirup aromatherapy bisa membuat pikiran dan jiwa terasa lebih tenang. Kamu perlu memilih wangi yang paling cocok buat kamu juga tentunya. Cara ini sangat cocok digunakan buat kmau para pekerja kantor, pelajar atau mahasiswa yang sedang padat jadwalnya. Bahkan saat ini aromaterapy dalam bentuk minyak esensial udah diakui secara medis memang berdampak positif pada sistem saraf dan kimiawi otak.

Aromatherapy juga udah mulai digunakan pada berbagai proses pengobatan secara medis. Kegiatan ini disebut dengan aromatologi, di mana konsep pelaksanaannya sedikit berbeda dengan aromatherapy. Aromatologi adalah aromatherapy yang dilaksanakan dengan dasar medis. Sedangkan aromatherapy yang biasa kita lakukan hanyalah sebatas memanfaatkan senyawa aromatik tumbuhan yang bisa digunakan untuk pemakaian luar tubuh saja.

Untuk aromatologi atau penerapan aromatherapy dengan dasar medis, dokter biasanya memberikan minyak esensial untuk diminum. Nah, di dalam tubuh, minyak tersebut akan bergabung dalam sirkulasi darah. Kamu juga bisa merelaksasikan bagian tubuh kamu yang terasa lelah dengan minyak esensial yang satu ini. Caranya adalah merendam bagian tubuh dengan air yang sudah dicampur minyak esensial.

Lalu apa yang sebenarnya membuat aromatherapy ini bisa merelaksasikan tubuh dan pikiran?
Aroma yang dihirup dari hidung akan dikirim ke otak, tepatnya ke sistem limbik. Nah, sistem ini adalah pusat kreativitas, emosi, memori, mood, seksualitas, dan pusat yang mengatur fungsi hormon yang ada di tubuh manusia. Jadi ga heran kalau aromatherapy ini bisa memberikan dampak yang begitu besar dari segi ketenangan pikiran.

Cara relaksasi yang satu ini sangat efektif dan terbilang praktis. Kamu ga perlu melakukan olahraga yoga ataupun menghabiskan budget dengan berjalan-jalan ke pantai. Aromatherapy ini bukan hanya bisa kamu gunakan untuk mengatasi stres, tapi juga bisa untuk mencegah stres.

Lagi stres? Yuk relaksasi bareng pakai aromatherapy :)




0 comments:

Posting Komentar