Agustus 23, 2015

Cara Memasang Softlens yang Benar Supaya Mata Tidak Pedih


Dulu softlens cuma dipakai sama orang-orang yang memang membutuhkan alat bantu pengelihatan. Pasalnya ketimbang memakai kaca mata, ga sedikit orang yang lebih memilih softlens atau lensa kontak karena dinilai lebih praktis. Akan tetapi selama beberapa tahun belakangan softlens menjelma menjadi salah satu tren fashion yang sangat populer.


Aksesoris mata ini dimanfaatkan untuk membuat tampilan mata menjadi lebih cantik dan lebih indah. Namun sayangnya, banyak sekali pemula yang belum paham betul bagaimana cara pemasangannya. Alhasil mata bisa menjadi gatal, pedih atau bahkan sampai menimbulkan trauma di area mata.
Banyak orang yang memasang softlens harus dengan bantuan orang lain. Tetapi sebenarnya memasang softlens ini bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain. Asalkan kamu tahu bagaimana cara pemasangan softlens yang aman dan benar.

Sebelum kamu melakukan pemasangan, pastikan dulu kalau tangan kamu sudah benar-benar bersih. Cuci tangan menggunakan sabun antiseptik supaya ga ada kuman atau bakteri berbahaya yang masuk ke mata kamu nantinya. Pastikan juga tangan kamu bersih dari body lotion. Pasalnya jika body lotion menempel di softlens, ternyata bisa menimbulkan iritasi mata.

Langkah selanjutnya perhatikan juga kondisi softlens-nya. Umumnya softlens selalu disimpan dalam cairan khusus yang ada di wadahnya. Kamu harus membersihkan softlens-nya terlebih dahulu dengan cairan yang sudah disediakan khusus. Lakukan dengan sangat berhati-hati supaya ga rusak. Untuk cara pemakaiannya, coba simak beberapa langkah-langkah berikut ini.

1. Ambil softlens dari tempatnya, lalu letakkan di ujung jari telunjuk. Jika ingin memasang soflens mata kiri, gunakan jari telunjuk kanan. Begitu pula sebaliknya.
2. Untuk memegang soflens, gunakan satu tangan aja. Sedangkan tangan yang lainnya kamu gunain buat mengangkat kelopak mata bagian atas untuk memudahkan pemasangan.
3. Gunakan mata untuk melihat ke arah atas, barulah kamu letakkan soflensnya di bola mata. Lakukan secara perlahan supaya ga terasa gatal atau pedih.
4. Setelah itu tutup mata sambil mengusap bola mata secara lembut supaya softlens bisa menempel secara sempurna.
5. Langkah terakhir adalah kedipkan mata kamu sebanyak 5 kali, supaya soflens ga mudah bergeser posisinya.

Gimana? Cukup mudah kan cara menggunakan softlens tanpa bantuan orang lain? Kalau kamu tahu bagaimana cara pemakaian yang benar, niscaya rasa pedih atau gatal pada mata kamu bisa berkurang. Tapi kalau kamu baru pertama kali belajar memakai soflens, lebih baik cari orang yang sudah terbiasa memakai softlens buat dampingin kamu. Tujuannya tentu aja supaya ga terjadi kesalahan yang bisa membahayakan mata kamu :)

Yang terpenting, harus selalu pastiin jari tangan bersih saat akan menggunakan softlens.

2 komentar:

  1. Kalo aku, softlens-nya aku taro di jari tengah kanan, Mpie, untuk kedua mata. Soalnya jari telunjuk dan jempolnya dipake buat buka tutup botol pembersihnya, jadi biar softlens-nya ditaro di jari yang lebih steril gitu :D
    Lebay yakk, wkwkwkwk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh.. bener mb del :D
      tp aku suka kagok kalau pake jari tengah..

      Hapus