Juli 24, 2015

Cara merawat kabel USB dan earphone supaya lebih awet


Kabel USB dan kabel earphone kamu sering rusak ga? Pasti karena kamu ga bisa merawat kabel-kabel tersebut dengan baik. Meskipun kelihatannya sangat sepele, namun hal-hal sepele itu terkadang bisa membuat kabel-kabel aksesoris smartphone kamu jadi cepet rusak. Oleh karena itu kali ini aku mau coba membahas tentang beberapa tips merawat kabel-kabel seperti yang barusan aku sebutin supaya ga cepet rusak. Apalagi kalau kabel yang kamu punya adalah yang kualitasnya buruk. Pasti kamu bakal pusing karena sering ganti-ganti USB dan earphone.


Oke.. aku mulai bahas dari bagaimana cara menyimpan kabel USB yang mungkin selama ini kamu anggap sangat sepele. Apakah selama ini kamu suka melilitkan kabel USB dengan simpul angka 8? Justru hal seperti itu bisa membuat bagian dalam kabelnya tidak bisa lurus lagi dan menjadi cepat rusak. Kalau kamu terlalu sering menyimpan kabel dengan posisi dipilin seperti itu, semakin lama kabelnya akan semakin sulit digulung. Cara merawat kabel USB yang benar adalah dengan menggulung kabelnya membentuk lingkaran. Tapi ingat, saat menggulung jangan ditekan, ya. Nah, setelah digulung, kamu bisa ikat kabelnya dengan klipkabel, sekarang udah banyak juga kan klipkabel karakter yang lucu-lucu

Lalu gimana cara merawat kabel earphone? 
Ga jauh berbeda dengan bagaimana cara merawat kabel earphone. Jangan diikat dengan simpul angka 8 ya. Pasalnya semua jenis kabel termasuk kabel USB ataupun earphone yang diberikan tekanan saat digulung akan menyebabkan bagian dalam kabelnya terpilin. Agak berbeda dengan kabel USB, biasanya kabel earphone ini lebih panjang. Oleh karena itu kabel earphone lebih berisiko cepat rusak saat digulung. Bahkan risikonya pun bertambah karena ada kemungkinan kabelnya bisa putus. Pasti kamu jarang menemukan kabel USB yang putus. Tapi kalau kabel earphone yang putus pasti pernah mengalaminya, kan?

Cara menggulung earphone yang benar adalah dengan over under. Kalau kamu masih bingung, coba cari video tutorialnya di YouTube. Caranya mudah kok, setelah itu baru kamu ikat menggunakan klip kabel yang bisa kamu beli di banyak tempat, termasuk di toko-toko online. Kamu bisa memilih karakter kesayangan kamu, seperti karakter Doraemon, Spongebob, Winnie the Pooh, atau karakter-karakter lucu lainnya yang kamu suka.



Nah, tips yang barusan aku jabarin itu juga bisa kamu gunain untuk merawat jenis-jenis alat lain yang menggunakan kabel. Misalnya seperti joystick, kabel modem, dan sebagainya. Pasalnya kabel-kabel seperti itu memang sangat rentan rusak terutama jika cara menyimpannya salah seperti yang tadi sudah aku bilang. So, sekian dulu tipsnya, semoga bermanfaat ya :)


0 comments:

Posting Komentar