April 21, 2015

Jjamppong ala empie


Kembali ke dapurrrrrr :D
Udah lama banget ga berkutat di dapur. Maklum lah ya kalau perang sama kompor dan panci itu harus penuh dengan niat dulua biar hasilnya ga asal-asalan heheh..

Pada dasarnya seneng masak, tapi  ya itu tadi.. kalau penyakit males melanda dan antrian drama korea udah panjang jadi males di dapur. Makan jajan ke warung deket kost bungkus beli buat sarapan sama makan siang sekalian. Jadi lauk sama sayurnya tinggal di angetin buat siang kalau belinya pagi :D
*Anak kost.. sekali lagi harap maklum hihih..

Jadi ceritanya, abis malem mingguan di daerah Duren Sawit dan kulineran disana. Baru tau aja kalau ada tempat jajan murah disana. Tepatnya sih di BKT, sepanjang jalan penuh banget sama orang jualan. Hmm sejenis pasar malem gitu kali ya..

Diajak pacar kesana karena kebetulan ga jauh dari rumah pacar.
Okehhh.. kita puaskan jajan disana :D
Sedikit kaget sama harganya, karena ternyata harganya murah meriah.

Jajanan pertama ada kepiting sama kerang hijau di bumbu kuning pedes gitu.
Satu porsi kerang hijau cukup 5ribu terus kepiting satunya juga 5ribuan, rujak kakung 7ribu, ketan susu coklat sm serabi pisang masing-masing 8ribuan.
Makan berdua ga sampai 100ribu dan puas banget :D


Tadinya takut beli kepiting sama kerangnya, karena takut udah ga seger lagi tapi ternyata endues banget sampai nambah buat di bawa pulang hihi ^^
Kerannya ga bau, dan daging kepitingnya masih seger. Tapi mungkin emang mesti pinter-pinter milihnya sih ya.
Kepiting 5ribuan jangan dibandingin yang 50ribu di resto ya, karena ini kecil-kecil emang. Jadi makannya harus penuh penghayatan :D

Itu cerita malam minggunya, dan hari minggunya kepiting sama kerang yg malemnya dibeli aku masak lagi. Aman lah, ga bau kok karena masuk kulkas.
Kepikiran donk buat bikin jjamppong ala-ala gitu ^^

Kalau jjamppong versi aslinya kan ada banyak banget bumbunya, nah berhubung di kulkas ga ada apa-apa bahkan sayur pun ga ada jadi terpasaksa ala kadarnya.

Bahan-bahan Jjamppong originalnya :
1. mie gandum
2. sayuran
3. seafood
4. bawang putih
5. jahe
6. lada
7. kecap ikan
8. bubuk cabai
9. minyak wijen
10. garam

Bahan-bahan Jjampong ala empie :
1. mie instan
2. seafood
3. bawang bombay
4. cabai
5. merica bubuk
6. saos sambal


Kalau menurut aku sih rasanya belum Jjamppong banget karena pakai mie instan biasa, lebih enak kalau mienya di ganti mie gandum, bisa juga diganti samyang ramen yang rasa seafood atau samyang ramen rasa kimchi. Pedesnya pedes ala-ala korea gitu, kalau kurang pedes tinggal kasih bubuk cabe lagi :D

Kalau masak pake bumbu racikan sendiri takut rasanya ga pas, jadi mending pake yang udah instan tinggal tambahin bumbu sesuai selera, karena rasanya udah pasti dijamin enak.

Terlalu doyan makan seafood kadang tuh bikin inget sama kolesterol hahahah.. Tapi apa daya, rasanya tuh ga bisa nolak daging kepiting yang endues banget ini ^^

Buat minumnya biar netral, minum air lemon ya temen-temen hihih..
Jadi biar bisa makan lagi besok-besok :)


Ada yang mau coba buat jjamppong ala rumahan juga?
Selamat mencoba ^^


11 komentar:

  1. Aku salah membaca postingan ini di saat lapar. Haduh, perut makin bunyi nih:D

    BalasHapus
  2. Praktis ya mpiee
    eh tapi selama tinggal di jakarta aku blom pernah beli kerang ijo loh padahal banyak yg liwat depan rumah.

    BalasHapus
  3. Kerang ijo salah satu makanan yg bikin nafsu makan w naik 2 kali lipat....mangstaps

    BalasHapus
  4. @mfrosiy: bunyinya gimana kk ? hahah.. nyanyi ya perutnya :D

    BalasHapus
  5. @Tanpa Lipstick: kalau yg lewat gitu aku juga ga pernah beli mba, takut soalnya. Dulu pernah lht berita ad ayg keracunan gr2 mkn yg org lwt gt. Kmrn nyobainnya juga takut2, tapi alhamdulilah enak :D

    BalasHapus
  6. @Wahab Saputra: hohoh.. harus di coba berarti ya :D

    BalasHapus
  7. @Wahab Saputra: hohoh.. harus di coba berarti ya :D

    BalasHapus
  8. @Wahab Saputra: hohoh.. harus di coba berarti ya :D

    BalasHapus
  9. empie, aku langsung ngiler lho. *abis nulis komen ini langsung ke dapur masak mie rebus* :D

    BalasHapus
  10. @lia nurmalasari: bikin gagal diet ya mba :D hihihi

    BalasHapus