Januari 17, 2014

Gulali Tradisional cantik dari JOGJA


Gulali Tradisional
Ceritanya hari ini buka-buka folder foto acara Blogger Nusantara 2013 dan nemu foto GULALI yang aku beli di depan Benteng Vredeburg. Awalnya mau masuk ke Benteng Vredeburg tapi pas hari itu tutup karna lagi ada renovasi. Eh.. di depan nemu bapak penjual Gulali..

Niya, ka Dita, bapak penjual gulali dan akuuu :)
Me : "eh ada gulali.. lucu bentuknya"
Pacar : "mau? beli aja.."
Me : "ga ah.. ntar bawanya gimana.. takut remuk"
Pacar : "ga nyesel? ntar udah pulang bilang pengen"

Hahah.. langsung meracuni Niya dan Ka Dita buat beli :D
Hasilnya beli juga ^^

Iba aja lihat bapaknya.. yang sudah berumur.. duduk dipinggir jalan jualan Gulali dengan peralatan seadanya. Harga 1 buah Gulali cantiknya hanya Rp. 5.000 :)
Aku dulu waktu kecil sering beli dan sekarang udah susah cari jajanan ini.
Ini termasuk jajanan khas daerah yang harus dilestarikan..
Bukan Gulali dari Mall.. tapi Gulali Tradisional ya.

Cara buatnya pun sederhana banget.
Bahan : Gula, pewarna makanan, air
Tinggal dididihkan.. tunggu kental dan sedikit dingin.. lalu bentuk sesuai selera.

Gulali ini sukses aku bawa ke Jakarta.. aman.. ga remuk :D dan sekarang masih ada di kamar kost ku.
Sengaja ga aku makan.. buat hiasan ^^
Ditaruh dalam keadaan terbungkus ya.. dan jauh dari panas karna pasti leleh kalau kepanasan.



Para penjual Gulali Tradisional ini perlu diapresiasi lho kalau menurut aku.
Kreatifitas mereka luar biasa banget.. karna banyak banget hasil karna mereka dengan bentuk yang lucu-lucu.

Kelak kalau udah punya anak semoga gulali ini masih ada.. karna aku mau dengan bangga bilang ke anak ku "Ini lho.. jajanan masa kecil bunda" heheh..

Ada yang mau?
Cantik.. Manis.. Menarik.. Gulali Tradisional Jogja :)

16 komentar:

  1. aku sering beli,pesen bentuknya beda2...sayang juga kalo dimakan heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kak biasanya kalo pesen gulali dimana? Atau kalo ada nomer hp dr penjual gulali boleh sy minta? Terimakasih��

      Hapus
  2. @Hanna HM Zwan:iyaaa.. karna bentuknya lucu ^^

    BalasHapus
  3. Hihi.. lucu ya.. dulu jam sd suka beli yang bentuk ikan2an ato ayam2an :)

    BalasHapus
  4. @kacamatamia: iya kk ^^ murah lagi.. :D

    BalasHapus
  5. sudah lama saya tak makan gulali -,-

    BalasHapus
  6. Ah iya, cantik banget, Mpie :)
    Mudah-mudahan kalo kelak aku ke jogja, jajanan ini masih ada, ya :)

    BalasHapus
  7. @Titis Ayuningsih: aku juga udah lama baru nemu lagi kk ^^

    BalasHapus
  8. @Della: aminnn mba del.. harus masih ada :)

    BalasHapus
  9. Ini beli di sekitar Malioboro. Hmm pengeen :)

    BalasHapus
  10. @Nhe!:iya di ujung malioboro :D depan benteng Vredeburg..

    BalasHapus
  11. Wah, sekarang masih ada ya gulali semacam ini? Udah susah banget loh carinya :D entah kapan terakhir liatnya.

    BalasHapus
  12. @Fahmi:heheh.. iya udah langka :)

    BalasHapus
  13. masih buka ngga itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh kurang tahu aku, soalnya itu udah lama banget :D

      Hapus
  14. masih jualan ngga bapaknya?

    BalasHapus