Desember 21, 2013

Jajan Halal ala Jepang


Masih dalam rangka memperingati HUT hubungan Diplomatik Indonesia - Jepang, dipostingan sebelumnya udah aku urai dengan panjang lebar tentang event Indonesia Japan Expo 2013 dan sekarang aku akan bahas tentang Japan Halal Food Project :)

Bagi umat muslim, makanan yang kita makan haruslah halal. Sehingga kebanyakan ragu-ragu untuk mencicipi makanan dari luar negeri termasuk Jepang.
Halal ga sih? sudah bersertifikat halal atau belum?

Nah.. ga usah panik.. karena kamu bisa menikmati makanan halal Jepang tanpa ragu lagi dengan mengunjungi booth makanan di Indonesia Japan Expo, salah satunya booth Cooking Japan.

"Kalau acara Indonesia Japan Expo selesai dimana lagi bisa cari makanan Jepang yang halal?"
heheh.. kamu masih bisa buka situs web dari Cooking Japan. Disana ada banyak pilihan menu makanan halal dan produk-produk impor dari Jepang yang sudah berlisensi halal. Selain itu ada juga resep makanan Jepang dan panduan travel ke Jepang. Mulai dari hotel, restoran halal bahkan ada juga list daftar masjid yang ada di Jepang :)


 


Buat pecinta makanan Jepang ada banyak pilihan menu disana. Japan Halal Food Project sendiri merupakan bagian dari rangkaian acara HUT Diplomatik Indonesia Japan.
Tidak hanya makanan atau produk jepang saja yang dikenalkan ke Indonesia, tetapi di Jepang juga diadakan seminar untuk pengenalan produk dari Indonesia juga.

Back to Indonesia Japan Expo ya :)
Disana kemarin mau tau ga makanan apa aja yang udah berhasil masuk kedalam organ pencernaan ku?
heheh.. ada banyak banget jajanan khas Jepang yang pasti halal.

Hari pertama mengunjungi booth makanan olahan dari mie yaitu Ramen dan Yakisoba yang mungkin ga asing lagi di Indonesia karna sudah banyak resto yang menyajikan menu tersebut.
Ramen berisi mie dengan kuah yang ditambah telur,crap,nori,toge dan irisan daun bawang.
Yakisoba berisi mie yang digoreng dengan kol,wortel,crap,dan ditabur dengan nori.

Ramen
Yakisoba
Selanjutnya mencicipi Onigiri dan Oden dari booth Cooking Japan. Onigiri itu nasi kepal yang dibentuk segitiga dan dibungkus dengan nori. Aku pilih Onigiri Tuna Mayonnaise kemarin ^^
Kalau Oden adalah makanan olahan yang udah jadi yang biasa dijual di supermarket kemudian direbus dengan dashi :dashi itu kaldu dasar yang dipakai untuk smua masakan Jepang:

Onigiri
Ada Oden dimana-mana :D
Hari kedua.. ada Dorayaki sama Sosis bakar.
Tau donk kue kesukaannya Doraemon.. Dorayaki ^^
Kue tradisional Jepang yang bentuknya bulat tembem, terdiri deari dua sisi dan ditengah ada isinya. kebetulan kemarin Dorayaki yang dibeli isi coklat dan ditabur kacang yg ditumbuk kasar.
Kalau sosis bakar ga usah aku ceritain ya.. cuma sosis dibakar dengan saos barbeque,sama mayonnaise :D

Dorayaki lagi di bikin ^^
Dorayaki
Maap ya Doraemon.. ini punya ku :D
Sosis bakar barbeque
Dan hari ketiga.. aku melahap Takoyaki dan Taiyaki.
Taiyaki adalah jajanan kue khas Jepang yang berbentuk ikan. Untuk Taiyaki biasanya berisi cokelat,keju,kacang merah,atau sosis. Taiyaki yang kemarin dipilih adalah Taiyaki isi cokelat.
Dan Takoyaki mungkin udah ga asing jug karna di mall juga banyak yang jual, yaitu kue adonan yang dibentuk bulat dengan isi potongan gurita didalamnya.

Lucu ya kemasan Takoyaki nya ^^
Takoyaki
Taiyaki
Untuk bisa menyantap jajanan khas Jepang ga perlu harus ke Jepang atau berburu ke banyak tempat karena kemarin smua aku dapet di Indonesia Japan Expo :)
Kesempatan kaya gini ga boleh dilewatkan begitu aja.

Besok tanggal 22 Desember 2013 adalah hari terakhir Indonesia Japan Expo 2013.. buat yang pengen dateng langsung ke JIExpo Kemayoran. Oia besok juga ada JKT48 untuk penutupan acara.. jangan sampai ketinggalan ya ^^

7 komentar:

  1. Mba, jangan diabisin, sisain yang lain, mba. Dari semua makanan Jepang di atas yang pernah aku coba hanya sosis. Yippiiii

    BalasHapus
  2. @Ismie Nurbarina: heheh.. sayang banget ya kamu ga bisa dateng.. kalau dateng kesana bisa jajan smua ^^

    BalasHapus
  3. Wah ngiler takoyaki ama ramennya klo di Jepang musti hati2 ama ramen soalnya kuahnya dari kaki babi banyakan tp yg ini halal so pasti

    BalasHapus
  4. @Ladyinthemirror: kalo yg ini dijamin halal kk :) heheh..

    BalasHapus
  5. hmm jadi pengen nih sosis bakarnya

    BalasHapus
  6. jadi laper keinget j-fest nih

    BalasHapus