Januari 08, 2012

Tentang si Cantik Phalaenopsis


Lihat foto-foto waktu ke Kebun Raya Bogor jadi pengen nulis sesuatu tentang si cantik yang aku temui disana. Phalaenopsis alias Anggrek Bulan.
Karna jujur ajah kemarin waktu ke Kebun Raya tujuannya pengen lihat bunga bangkai sama Rumah Anggrek yang ada disana. Kemarin lagi nggak beruntung karna bunga bangkainya lagi nggak mekar, tapi  paling nggak aku bisa nikmatin indahnya bunga-bunga anggrek disana.

Phalaenopsis pertama kali ditemukan oleh ahli botani Belanda yaitu Dr. C.L. Blume.
Hmmm.. bunga anggrek merupakan bunga elegan kalau menurut aku, selain butuh perawatan khusus dia juga sensitif tapi tetep satu keunggulannya CANTIK :)
Anggrek nggak boleh terlalu banyak terkena cahaya, nggak boleh juga terkena air ujan secara langsung karna itu akan bikin daunnya berjamur. Inilah makanya aku bilang kenapa dia sensitif.
Dulu pernah coba tanam dirumah tapi karna dulu kurang info makanya nggak pernah bisa lihat sampai berbunga, ujung-ujungnya kering.. hikssssss.

Setelah cari-cari info, dapet sedikit tips nih akhirnya.
Berikut tips buat yang pengen menanam bunga catik ini.
Nanti kalau udah punya rumah sendiri pegen punya kebun anggrek sendiri :)

Beberapa tips dan trik yang efektif menanam bunag anggrek :

Satu.. Jika ingin menanam dari bibit, pastikan membeli bibit yang baik. Bibit yang baik adalah langkah pertama yang penting sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Dua.. Sering cari info dan baca-baca mengenai  Phalaenopsis dari buku-buku anggrek atau browsing via internet.

Tiga.. Perhatikan akarnya, akar yang sehat mutlak dibutuhkan untuk pembungaan, jadi perhatikan media yang digunakan agar akar Phalaenopsis dapat tumbuh sempurna. Sifat media dipilih yang dapat menyerap air.

Empat.. Jagalah daun agar tetap sehat karna daun berguna untuk memproduksi zat hara yang akan digunakan oleh tanaman.

Lima.. Jangan sampai terkena air ujan, karna akan membuat jamur dan bakteri berkembang biak pada daun.

Enam.. Perhatikan pupuk dan penyiraman pada anggrek..

Unsur yang harus diperhatikan  adalah cahaya, kelembaban, dan temperatur.
Itu sedikit info yang sifatnya masih awam, kalau ingin lebih detailnya bisa ditambahkan dari buku tentang anggrek dan sumber info lain nya.

Selamat mencoba :)


0 comments:

Posting Komentar